Edu Komputika Journal
Vol 7 No 2 (2020): Edu Komputika Journal

Pengembangan Aplikasi Tes Untuk Evaluasi Capaian Belajar Siswa SMK

Ekarini, Fitria (Unknown)
Priyanto, Priyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk: mengembangkan aplikasi tes untuk evaluasi capaian belajar siswa SMK, dan mengetahui besarnya kualitas aplikasi tes untuk evaluasi capaian belajar siswa SMK. Metode Research and Development (R&D) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dan menggunakan 5 tahap metode waterfall, yaitu communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Dari penelitian tersebut didapatkan hasil yaitu: aplikasi tes yang dikembangkan adalah aplikasi berbasis web dengan menggunakan framework Laravel, hasil pengujian analisis kualitas menunjukkan aplikasi tes telah memenuhi standar ISO/IEC 25010 dalam semua aspek, diantaranya: aspek functional suitability, fungsi dapat berjalan 100%; aspek reliability menghasilkan 99% pada kriteria session, hits dan pages; aspek performance efficiency, diperoleh rata-rata waktu respon 1,56 detik, dan PageSpeed Score 97% (pada grade A), YSlow Score 83% (pada grade B); aspek usability, diperoleh kategori sangat layak; aspek maintainability, menunjukan hasil 92.26 dengan kategori Highly Maintainable (dalam arti sangat mudah dirawat); aspek security, pada tingkat kerentanan aplikasi terhadap serangan berada pada level 2 atau medium , aplikasi tes yang dikembangkan memiliki tingkat keamanan yang cukup baik; dan aspek portability, aplikasi berhasil dijalankan pada empat mobile dan desktop browser yang berbeda.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edukom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Edu Komputika Journal menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian konseptual di bidang pendidikan TIK, komputer, teknologi informasi, multimedia, rekayasa software dan aplikasinya dalam bidang ...