cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Gedung E11 Jurusan Teknik Elektro, UNNES, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Indonesia 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Edu Komputika Journal
ISSN : 22526811     EISSN : 2599297X     DOI : https://doi.org/10.15294/edukomputika
Edu Komputika Journal menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian konseptual di bidang pendidikan TIK, komputer, teknologi informasi, multimedia, rekayasa software dan aplikasinya dalam bidang pendidikan.
Articles 242 Documents
SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA KERUSAKAN KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING Farizi, Anif
Edu Komputika Journal Vol 1 No 2 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tersebut. Sistem pakar dibuat pada wilayah tertentu untuk suatu kepakaran yang mendekati kemampuan manusia di salah satu bidang. Sistem pakar mencoba mencari solusi sebagaimana yang dilakukan seorang pakar. Sistem pakar juga dapat memberikan penjelasan terhadap langkah yang diambil dan memberikan saran atau kesimpulan yang ditemukannya. Pembangunan sistem pakar bertujuan membantu pemakai komputer (user) untuk mengatasi masalah atau kerusakan pada perangkat keras komputer (hardware) dan pada perangkat lunak komputer (software). Kasus kerusakan komputer merupakan kasus yang memerlukan bantuan seorang pakar (teknisi) dalam menyelesaikan masalah dengan mengandalkan pengetahuan yang dimilikinya. Sistem ini dibangun menggunakan metode forward chaining. Forward chaining digunakan untuk menguji faktor-faktor yang dimasukkan dengan aturan yang disimpan dalam sistem hingga dapat diambil kesimpulan.  Software yang digunakan untuk membangun sistem agar nantinya dapat digunakan yaitu Microsoft Visual Basic 2010 untuk mengolah database menggunakan Microsoft Acces.  Expert system is computer-based system that uses knowledge, facts, and reasoning techniques in solving problems that typically can only be solved by an expert in that field. Expert system is made on a specific area of expertise that is closer to a humans ability in one field. Expert system try to find a solution as did an expert. Expert system can also provide an explanation of the steps taken and give suggestions or conclusions discovery. Development of an expert system aimed at helping computer users to resolve the problem or damage to computer hardware and computer software. The case of a computer malfunction is a case that requires the assistance of an expert (technician) in solving problems by relying on their knowledge. The system is built using forward chaining method. Forward chaining is used to examine the factors that put the rules stored in the system until it is concluded. Software used to build a system that will be used is Microsoft Visual Basic 2010 for the databases using Microsoft Access.
PERENCANAAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION PADA PELAJARAN TIK (KELAS VIII SMP N 39 SEMARANG) Aulia, Yahyati; Adi, Slamet Seno
Edu Komputika Journal Vol 2 No 2 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) termasuk pelajaran yang cukup sulit bagi siswa di SMP N 39 Semarang, karena banyak membutuhkan hafalan. Metode Computer Based Instruction (CBI) merupakan metode yang memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran dan alternatif kemandirian dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara perancangan dan pembuatan media pembelajaran, dan mengetahui apakah media pembelajaran cukup efektif apabila diterapkan pada metode pembelajaran CBI. Metode pembelajaran ini cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dimulai dengan observasi, desain produk,pembuatan produk, validasi produk, dan penarikan kesimpulan. Hasil validasi menunjukkan kesesuaian materi dengan silabus mencapai 93%, relevansi menurut guru 82,5% sedangkan menurut siswa 81,41%. Isi materi pembelajaran menurut guru sudah mencapai 90% sedangkan menurut siswa 86,41%. Validasi perangkat lunak dalam aspek kemudahan pengoperasian mendapat persentase 87,5%, menu navigasi 83,75%, dan desain tampilan 95,45%. Kesimpulan yang bisa diambil, secara keseluruhan media pembelajaran efektif dan layak sebagai media pembelajaran. Information and Communication Technology (ICT) lessons including quite difficult for students in public junior high school 39 Semarang, because it requires a lot of memorization. Method of Computer Based Instruction (CBI) is a method that utilizes the computer as an alternative medium of learning and independence in learning. The purpose of this study was to determine how the design and manufacture of instructional media, and find out if the media is quite effective learning when applied to teaching methods CBI. This is an effective learning methods used in the learning process. This study began with the observation, product design, product manufacturing, product validation, and conclusion. The tests showed the material conformity with the syllabus reached 93%, 82.5% relevance according to teachers by the students while 81.41%. Fill learning materials by teachers has reached 90%, while 86.41% according to the students. Validation of software in the aspect of ease of operation gets a percentage of 87.5%, menu navigation 83.75%, and 95.45% display design. Conclusions can be taken is overall learning media has feasible and effective learning media.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ZENER DIODE SPECIFICATION BERBASIS FLASH UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH ELEKTRONIKA Asmaraning, Dwi; Wiyardi, Rafael Sri
Edu Komputika Journal Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mata kuliah elektronika di jurusan Teknik Elektro Unnes mempunyai alat HBE-B3E. Namun alat praktikum tersebut jumlahnya terbatas. Keterbatasan jumlah alat tersebut menjadi kendala tersendiri bagi mahasiswa untuk mempelajari materi dioda zener. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah membuat media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai materi Zener Diode Specification berbasis flash untuk menunjang mata kuliah elektronika dan apakah media pembelajaran layak digunakan untuk menunjang mata kuliah elektronika. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai materi Zener Diode Specification berbasis flash dan melakukan uji kelayakan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Pengujian dilakukan oleh ahli media dan ahli  materi kemudian dilanjutkan dengan uji produk pada mahasiswa. Pengambilan data dari responeden menggunakan metode angket dengan menggunakan skala likert. Media pembelajaran alat praktikum HBE-B3E mengenai Zener Diode Specification berbasis flash dibuat melalui lima tahap yaitu mempelajari cara kerja alat praktikum HBE-B3E, menyusun komponen animasi media pembelajaran, membuat komponen tampilan menu utama, membuat simulasi dioda zener, dan menyusun materi dan komponen-komponen pendukung dari media. Pada uji kelayakan ahli materi mendapatkan skor 84,28% yang masuk dalam kategori setuju. Pada uji kelayakan ahli media mendapatkan skor 80% yang masuk dalam kategori setuju. Hasil penelitian pada mahasiswa menunjukkan pada aspek kelayakan hasil program mendapat skor 76% yang masuk dalam kategori setuju. Pada aspek keefektifan bagi mahasiswa mendapat skor 77,39% yang masuk dalam kategori setuju. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Zener Diode Specification berbasis flash layak digunakan sebagai media penunjang mata kuliah elektronika.  Electronics courses at the Department of Electrical Engineering Unnes have HBE-B3E tool. However, the number of practical tools is limited. The limited number of these tools becomes a problem for students to learn the material of zener diode. Issues raised in this research is how the media learning lab tool HBE-B3E about material Zener Diode Specification flash-based courses to support the electronics and if feasible instructional media used to support the electronic courses. The purpose of this research is to make learning mediaHBE-B3E tool lab about Zener Diode Specification based-flashmaterialand do expediency experiment study. The method which is used in this research is the Research and Development (R & D). The experiment is done by media and materials expertsthen continued with the product test on the students.Taking over data from respondent use questionnaires with likert scale. Instructional lab tool HBE-B3E media about Zener Diode Specification-based flash is made through five stages: studying the workings of HBE-B3E practical tools, compose an animation component of instructional media, making the main menu display components, making simulation zener diode, and compose materials and supporting components of the media. In the materials feasability test get score 84.28% are included agree category. In the media feasability test get a score 80% are included in the agree category. Results of research on college students show the feasibility aspect of the program results get score 76% are included in the agree category. In the effective aspect for student get score of 77.39% in category of agree. So it can be concluded that the instructional Zener Diode Specification media fit to use as supporting media electronics courses.
PENGEMBANGAN SISTEM DIAGNOSIS PENYAKIT KEDELAI MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR Farisi, Mizan Armanto; Djuniadi, Djuniadi
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kedelai adalah salah satu hasil pertanian di Indonesia yang banyak dimanfaatkan sebagai kebutuhan pokok masyarakat. Selain biasa dimanfaatkan sebagai bahan membuat makanan, kedelai juga bisa di konsumsi langsung sebagai cemilan. Permintaan kedelai yang semakin tinggi mempengaruhi beberapa orang untuk mencoba membudidayakan kedelai, akan tetapi tidak sedikit pula orang yang baru membudidayakan kedelai kurang memahami jenis penyakit yang bisa menyerang tanaman kedelai dan juga kurangnya pengetahuan bagaimana cara menanggulangi penyakit tersebut. Untuk membantu para petani yang baru membudidayakan kedelai perlu diberikan penyuluhan mengenai penyakit tanaman kedelai, namun seiring dengan perkembangan teknologi cara penyuluhan bisa dibuat dengan cara membuat sebuah sistem yang memberikan penyuluhan kepada para petani. Sistem yang dibutuhkan para petani adalah sistem yang bisa memberikan penyuluhan dan juga membantu para petani mendiagnosa penyakit tanaman kedelai yang sedang menyerang tanaman mereka. Fitur diagnosa yang terdapat dalam sistem diharapkan dapat membantu para petani dalam menanggulangi penyakit yang menyerang tanaman kedelai mereka. Soybean is one of the agricultural products in Indonesia, it’s usually used as the basic needs of society. Besides it can  used as an ingredient to make food, soy can also be consumed as a snack. Higher Soybean demand everytime influence some people to try to cultivate soybeans, but some people who just starting to cultivate soybean doesn’t understand type of disease that can attack soybean plants and also the lack of knowledge of how to cope with the disease. To help new farmers who cultivate soybeans should be given counseling about the disease of soybean plants, but along with the development of technology means the extension can be made in a way to make a system that provides counseling to farmers. The system that farmers needed is a system that can provide counseling and also help farmers diagnose soybean diseases that are attacking their plants. Features diagnoses contained in the system is expected to helsp farmers in tackling diseases that attack their soybean plants.
PEMBUATAN PROTOTIPE SISTEM DETEKSI PLAT KENDARAAN BERMOTOR DI INDONESIA Wihartasih, Dharu; Wibawanto, Hari
Edu Komputika Journal Vol 2 No 2 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membuat prototipe sistem deteksi plat nomor kendaraan khusus di Indonesia. Sistem plat di Indonesia memiliki kekurangan, salah satunya adalah banyak masyarakat melakukan modifikasi plat kendaraan. Prototipe sistem deteksi plat kendaraan bermotor diharapkan mampu mendeteksi plat kendaraan meskipun plat sudah dimodifikasi. Sistem dilengkapi dengan fitur pengambilan gambar dengan jarak jauh, yaitu dengan bantuan kamera smartphone android. Prototipe sistem deteksi plat kendaraan bermotor menggunakan teknik pengolahan citra, antara lain perbaikan citra (image enchantment), morfologi dan segmentasi citra. Perbaikan citra menggunakan metode koreksi gamma, metode ini berfungsi untuk memperbaiki kualitas citra agar kontras dan kecerahannya merata. Morfologi merupakan teknik yang digunakan untuk mengubah bentuk objek dalam citra. Sedangkan segmentasi digunakan untuk mengklasifikasikan objek berdasarkan kesamaan atribut. Prototipe sistem deteksi plat kendaraan bermotor dilengkapi OCR (Optical Character Recognition), yaitu pengenalan karakter pada sebuah citra. Pengenalan karakter pada sistem ini meggunakan metode Template Matching. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa prototipe sistem mempunyai akurasi yang tinggi untuk mendeteksi plat motor dan mobil. Prototipe sistem diuji dengan 130 citra kendaraan, sehingga menghasilkan akurasi 93,03%. Pengenalan karakter pada prototype sistem ini menggunakan metode OCR template matching. Sehingga akurasi pengenalan karakter terhadap plat yang terdeteksi adalah 74,29%. Akurasi pengenalan karakter tergolong cukup baik. The purpose of this research is done to make prototype of detection and recognition number plate system for Indonesian. In Indonesia, plate system has some weaknesses because Indonesian people have made vehicle of plate modification. Prototype of vehicle detection plate number system hopefully be able to detect plate number although it has been done. The system has fully feature such as capturing pictures in long distance. It is helped by camera of android smartphone. Smartphone sends picture to computer by using wireless. Prototype uses image processing technique; such as image enchantment, morphology, and image segmentation. Image enchantment is used by gamma correction. Its function is to fix quality of image, so it turns contrast and brightness averagely. Morphology is used technique that is changed object form into sub-image. Segmentation is used to classify object based on the attribute similarity. That prototype has feature with OCR (Optical Character Recognition), it recognizes character from image. In this research, that prototype uses template matching. The result of the research shows that prototype system has high accuracy to detect motorcycles and cars plate number. Prototype system is examined by 130 vehicle images, so it produces 93.03%. Character recognition in uses OCR template matching method. So, the accuracy of character recognition to detected plate is 74.29 %. The accuracy of character recognition is good enough.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI DISPOSISI SURAT MASUK DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG Basir, Amat; Wibawanto, Hari
Edu Komputika Journal Vol 1 No 2 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan sistem informasi, dan apakah sistem ini praktis dan efektif untuk digunakan dalam pengelolaan disposisi surat masuk menggantikan sistem manual. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pemanfaaatan teknologi informasi. Model perancangan dan pengembangan sistem informasi ini adalah model waterfall. Objek yang diteliti yaitu sistem itu sendiri, dengan variabel penelitian yaitu kepraktisan dan keefektifan sistem. Metode pengambilan data dengan wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan Sistem Informasi yang dibangun berada pada kategoti sangat praktis dengan nilai rata-rata 84,43%. Keefektifan sistem dalam menggantikan sistem disposisi terdahulu berada pada kategori sangat efektif dengan nilai rata-rata 84,93%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem informasi yang dibangun merupakan sistem yang praktis dan efektif untuk diterapkan sebagai pengganti sistem pengelolaan surat masuk dan disposisinya di Disdik Kota Semarang. The purpose of this research is to know the steps of developing information system, and whether the system is more practical and effective than manual system to use in managing disposition of incoming mail. The benefit of this research is to improve services to the society in terms of utilization of information technology. The model of designing and developing information system is waterfall model. The object that was observed was the system itself and the research variables are practicality and effectiveness of the system. Methods of collecting data were interviews and questionnaires. The result showed that the practicality of Information System built was on very practical category, with average value 84.43%. The effectiveness of the system compared to the previous disposition system was on very effective category, with average value 84.93%. The conclusion of this research is the information system is a more practical and effective system to be applied as a substitute for manually managing disposition of incoming mail in Disdik Kota Semarang. 
RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYULUHAN BUDIDAYA SAYUR MAYUR BERBASIS SMS GATEWAY Novianto, Dimas Agung; Djuniadi, Djuniadi
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beberapa masalah pertanian yang terjadi adalah kurangnya wadah yang disediakan penyuluh untuk kepentingan para petani. Terbatasnya sarana dan prasarana yang dimiliki penyuluh dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, menyebabkan rendahnya mobilitas penyuluh dan kurang optimalnya pelayanan terhadap petani. Berdasarkan permasalahan tersebut maka muncul gagasan untuk mengembangkan sistem informasi penyuluhan berbasis SMS gateway. Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan aplikasi sistem informasi penyuluhan budidaya sayur mayur berbasis sms gateway. Metode penelitian terdiri dari tahap pengumpulan data yang meliputi observasi dan studi pustaka serta tahap perancangan desain sistem secara lengkap. Hasil penelitian berupa desain sistem informasi penyuluhan budidaya sayur mayur bebasis sms gateway yang terdiri dari aplikasi server sebagai back office (web system administrator dan web system sms management), aplikasi user sebagai front office (layanan sistem informasi dan layanan sms interaktif) dan dilengkapi dengan fitur sms interaktif berupa layanan sms autoreply dan sms autoforward. Sistem informasi ini dapat digunakan oleh penyuluh dan sasaran penyuluhan sebagai sarana komunikasi dan pertukaran informasi/materi penyuluhan. Some of agricultures problems are the lack of a platform that provided by the instructor to the farmers interests . Limited facilities and infrastructures owned by instructor in the performance of duties and functions, causing low mobility and less services to farmers. Based on these problems then emerged the idea to develop counseling information system based SMS gateway . The purpose of this research is the application of counseling vegetable cultivation information systems planning sms gateway-based stuff. Research method consists of the collection of data that includes observation and study of literature and the stage of planning a complete system design. The research results is the design of counseling vegetable cultivation information systems based sms gateway consisting of a back office server applications (web systems administrator and web system sms management), application user as a front office (service information systems and interactive SMS service) and is equipped with sms interactive features form  sms AutoReply and sms autoforward. Information systems can be used by the instructor and target illumination as a means of communication and exchange of information / counseling materials.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOLAH DATA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL 2007 Syaerozi, Syaerozi; Supraptono, Eko; Sutarno, Sutarno
Edu Komputika Journal Vol 2 No 2 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam keterampilan mengolah data melalui penerapan metode pembelajaran drill berbantuan multimedia interaktif di SMA Walisongo Semarang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kuantitaif dan kualitatif Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi siswa pada siklus I rata-rata nilai keseluruhan yaitu 62,85. Pada siklus II rata-rata nilai untuk seluruh siswa yakni 80. (2) Aktivitas belajar siswa untuk siklus I mememperoleh rata-rata skor 72,2% dengan kriteria pembelajaran cukup baik. Untuk siklus II, diperoleh nilai rata-rata skor 84,6% dengan kriteria baik. The purpose of this research for increasing the activity and the result of student learning in skill data process implementing of drill method of learning by using interactive multimedia at SMA Walisongo Semarang. The research is action class research. The population of this research are students in eleventh grade of SMA Walisongo, the sample of the research are students in XI IPA that consist of 21 students. The techniques of collecting data are observation, test, and documentation. While the data analysis used quantitative and qualitative research. The result of the research in cycle one shows that: (1) Competency of student at cycle one the all mean values are 62.85. And the cycle two the mean values for all students are 80. (2). Students learning activity for cycle one get mean score are 72.2% with good enough criteria. And then cycle two, the mean score are 84.6% with good criteria.
PEMILIHAN FEATURE DENGAN CHI SQUARE DALAM ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI BERITA Rahmad, Alfian Nur; Pribadi, Feddy Setio
Edu Komputika Journal Vol 2 No 1 (2015): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Klasifikasi berita secara manual tidak mungkin dilakukan. Klasifikasi otomatis banyak dilakukan dengan algoritma naïve bayes, tetapi jumlah feature kata yang banyak dapat mengurangi akurasi klasifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, pengaruh dan nilai recall, precision, f-measure dan akurasi dari pemilihan feature Chi Square terhadap kinerja algoritma Naïve Bayes untuk mengklasifikasikan teks berita secara otomatis. Pada penelitian ini diterapkan teknik pemilihan feature dengan Chi Square dalam Algoritma Naïve Bayes. Data penelitian diambil dari www.kompas.com sebanyak 1350 buah sebagai data latih dan 150 buah sebagai data uji. Pengujian dilakukan dengan mengklasifikasikan berita tanpa pemilihan feature Chi Square dan mengklasifikasikan berita dengan menerapkan pemilihan feature Chi Square dengan taraf nyata α 0.05, 0.01, 0.005, dan 0.001. Selanjutnya akan dievaluasi dengan metode evaluasi recall, precision, f-measure dan akurasi. Dari klasifikasi berita otomatis tanpa pemilihan feature yang dilakukan, diperoleh hasil recall 96.67%, precision 96.75%, f-measure 96.68% dan akurasi 96.67%. Sedangkan klasifikasi berita dengan pemilihan feature menggunakan chi square pada taraf nyata α 0.05, 0.01, 0.005, dan 0.001 diperoleh hasil yang sama yaitu recall 98%, precision 98%, f-measure 97.99%, dan akurasi 98%. Dari hasil tersebut, dapat diketahui bahwa pemilihan feature menggunakan chi square dapat mempengaruhi kinerja algoritma Naïve Bayes untuk mengklasifikasikan berita secara otomatis. Classification of news manually impossible. Automatic classification lot to do with the naïve Bayes algorithm, but the number of words that many features can reduce the accuracy of the classification. This study aims to determine the application, influence and value of recall, precision, f-measure and accuracy of election Chi Square feature of the performance Naïve Bayes algorithm to automatically classify news text. In this study feature selection techniques applied by Chi Square in Naïve Bayes algorithm. Data were taken from as many as 1350 pieces www.kompas.com as training data and 150 as test data. Testing is done by classifying feature election news without Chi Square and classifying news by applying the Chi Square feature selection with significance level α 0:05, 0:01, 0.005, and 0.001. Next will be evaluated by the evaluation method of recall, precision, f-measure and accuracy. Automatic classification of news without selecting a feature that is done, the result recall 96.67%, 96.75% precision, f-measure 96.68% and 96.67% accuracy. While the classification of news with feature selection using the chi square on the real level α 0:05, 0:01, 0005, and 0001 obtained the same result, namely 98% recall, 98% precision, f-measure 97.99%, and accuracy 98%. From these results, it is known that the selection of the feature using the chi square can affect the performance Naïve Bayes algorithm to automatically classify news.
PEMETAAN POLA HUBUNGAN PROGRAM STUDI DENGAN ALGORITMA APRIORI – STUDI KASUS SPMU UNNES Kurniawati, Anis
Edu Komputika Journal Vol 1 No 1 (2014): Edu Komputika Journal
Publisher : Edu Komputika Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola hubungan pilihan program studi mahasiswa baru Unnes menggunakan pendekatan algoritma apriori. Penelitian didesain dengan menggunakan model data mining CRISP-DM (Cross Industry Standart Process for Data Mining). Pemetaan pola hubungan program studi dibagi tiga kelompok pemetaan yaitu semua program studi pada SPMU tahun 2009-2011. Bidang saintek dan soshum pada SPMU tahun 2012-2013. Hasil pemetaan pola hubungan program studi pada semua program studi untuk tahun 2009-2011 adalah pemetaan pertama PG Paud, S1 dan Pend. Guru Sekolah Dasar, S1, dengan nilai confidence 51,18%, pemetaan kedua Pend. Bahasa Jawa, S1 dan Pend. Guru Sekolah Dasar, S1, dengan nilai confidence 42,87%, pemetaan ketiga Seni Rupa, S1 dan Pend. Seni Rupa, S1, dengan nilai confidence 40,91%, dan pemetaan keempat PJKR, S1 (PGPJSD) dan PJKR, S1, dengan nilai confidence 43,98%. Hasil pemetaan pola hubungan program studi pada bidang saintek untuk tahun 2012-2013 adalah Pend. Teknik Mesin, S1 dan Pend. Teknik Otomotif, S1, dengan nilai confidence 42,26%, dan Pend. Teknik Otomotif, S1 dan Pend. Teknik Mesin, S1, dengan nilai confidence 46,1%. Hasil pemetaan pola hubungan program studi pada bidang soshum untuk tahun 2012-2013 adalah PJKR, S1 (PGPJSD) dan PJKR, S1, dengan nilai confidence 58,6% dan Pend. Kepelatihan Olahraga, S1 dan PJKR, S1, dengan nilai confidence 56,82%. Pemetaan pola hubungan program studi dengan menggunakan algoritma apriori dapat diterapkan pada bidang pendidikan untuk memetakan kedekatan antar program studi pada Universitas Negeri Semarang. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memetakan pola hubungan program studi melalui jalur pendaftaran yang lainnya, dan dapat dikombinasikan dengan menggunakan algoritma yang lain. This study aims to determine the pattern of relations elective courses for new students Unnes priori algorithm approach. The study was designed by using data mining models CRISP-DM (Cross Industry Standard Process for Data Mining). Mapping patterns of relationship courses were divided into three groups, namely mapping all courses at SPMU 2009-2011. Saintek field and soshum at SPMU 2012-2013. Results of mapping patterns of relationships courses in all courses for the year 2009-2011 was the first PG Paud, S1 and Pend. Guru Sekolah Dasar, S1, with a confidence value of 51.18%, the second mapping Pend. Bahasa Jawa, S1 and Pend. Guru Sekolah Dasar, S1, with a confidence value of 42.87%, the third mapping Seni Rupa, S1 and Pend. Seni Rupa, S1, with a confidence value of 40.91%, and the fourth mapping PJKR, S1 (PGPJSD) and PJKR, S1, with a confidence value of 43.98%. Results of mapping patterns of relationships in the field Saintek courses for the year 2012-2013 is Pend. Teknik Mesin, S1 and Pend. Teknik Otomotif, S1, with a confidence value of 42.26%, and Pend. Teknik Otomotif, S1 and Pend. Teknik Mesin, S1, with a 46.1% confidence value. Results of mapping patterns of relationships in the field soshum courses for the year 2012-2013 is PJKR, S1 (PGPJSD) and PJKR, S1, with a confidence value of 58.6% and Pend. Kepelatiohan Olahraga, and PJKR S1, S1, with a confidence value of 56.82%. Mapping patterns of relationships courses by using the apriori algorithm can be applied to the field of education to map the closeness between program of study at the Semarang State University. Future studies are recommended to map the patterns of relationships through the course of study registration, and can be combined with other algorithms.

Page 1 of 25 | Total Record : 242