Jurnal Abdidas
Vol. 1 No. 6 (2020): Vol 1 No 6 December 2020

Meningkatkan Gerakan UKM Naik Kelas dengan Go Digital bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah

Cahyadi Husadha (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Bekasi, Indonesia)
M Fadhli Nursal (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Bekasi, Indonesia)
Novita Wahyu Setyawati (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Bekasi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2020

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan berupa pendampingan peningkatan gerakan UKM naik kelas dengan go digital dengan memberdayakan pelaku usaha yang sudah ada. Metode yang digunakan yaitu ceramah dan berbagi pengalaman dengan melakukan diskusi dan sesi tanya jawab. Faktor-faktor pendorong kegiatan UKM Naik Kelas adalah antusias atau motivasi yang tinggi dari para pelaku UKM. Sedangkan penghambat pelaksanaan program ini adalah kurang lamanya durasi waktu pelatihan, dalam hal frekwensi serta kondisi pandemi. Berdasarkan hasil dan luaran yang dicapai pada pengabdian masyarakat ini, direncanakan untuk mengadakan pendampingan proses bisnis UKM, supaya UKM tersebut benar-benar naik kelas. Naik kelas yang dimaksud adalah terdapat kemajuan dalam pengelolaan, sehingga berimplikasi pada peningkatan pendapatan UKM. Untuk mempermudah pendampingan pengembangan usaha UMKM, akan dilakukan pemetaan atau klasterisasi UKM di lokasi kegiatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...