Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia
Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA TOPIK APLIKASI REAKSI REDUKSI OKSIDASI

Darmawan, Fitriani Tekistia ( Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Wahyu, Wawan ( Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)
Halimatul, Heli Siti ( Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan berkomunikasi siswa pada topik aplikasi reaksi reduksi oksidasi yang dilakukan pada tahun ajaran 2010/2011 semester dua di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent group design. Subyek penelitian terdiri atas 34 siswa kelas X di kelompok eksperimen dan 36 siswa kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh tahapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terlaksana dan sesuai dengan urutan sintaks model pembelajaran tersebut. Selain itu, pada taraf signifikan 0,05 terdapat perbedaan kemampuan berkomunikasi yang signifikan pada pembelajaran topik aplikasi reaksi redoks antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan kata lain, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Selain itu, siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran ini. Kata kunci : pengaruh, model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray¸ kemampuan berkomunikasi siswa, aplikasi reaksi redoks.

Copyrights © 2013