Account : Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan
Vol. 7 No. 1 (2020): EDISI JUNI 2020

PERAN PUBLIC RELATIONS, KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN DALAM MENDORONG MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Kasus Pengguna Mobile Banking BNI Syariah di Kota Depok)

Fitrianisa Nisa (Politeknik Negeri Jakarta)
Sylvia Rozza (Politeknik Negeri Jakarta)
Ali Masjono Muchtar (Politeknik Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2020

Abstract

PERAN PUBLIC RELATIONS, KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN DALAM MENDORONG MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN MOBILE BANKING(Studi Kasus Pengguna Mobile Banking BNI Syariah di Kota Depok) Fitrianisacacafianisa@gmail.comSylvia Rozzasylvia_rozza@yahoo.comAli Masjonoali.masjonomuchtar@akuntansi.pnj.ac.id Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Jakarta ABSTRACTThe PR program that has been held by BNI Syariah has not shown a maximum result inincreasing mobile banking users. In addition, trust and perceived ease of use are also the important factors to encourage customers interest. This research aims to analyze the effect of public relations,trust, and perceived ease of use of customers interest in using BNI Syariah’s mobile banking. The data analysis method was multiple linear regression to obtain a linear estimation model, used a questionnaire as an instrument for taking a sample 100 respondents, who are BNI Syariah’s mobile banking users in Depok. The results concluded that partially and simultaneously, public relations, trust, and perceived ease of use have a significant positive effects to customers interest in using mobile banking. The implication of this research that BNI Syariah should choosing the other media promotion such as advertising, brochure distribution, and social media to strengthen the PR program and give a training for PR practitioners. BNI Syariah should improve the mobile banking technology system and socialize how to use mobile banking to encourage customers to use mobile banking as a financial transaction Keywords: Public Relations, Trust, Ease of Use, Customer Interest in Mobile Banking. ABSTRAKProgram PR yang selama ini diselenggarakan oleh BNI Syariah belum menunjukkan hasilyang maksimal dalam meningkatkan jumlah pengguna mobile banking. Disamping itu, kepercayaandan persepsi kemudahan juga  menjadi faktor penting untuk mendorong minat nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh public relations, kepercayaan, dan persepsi kemudahan terhadap minat bertransaksi menggunakan mobile banking. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk mendapatkan model estimasi linier, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengambil sampel sebanyak 100 responden, yang merupakan pengguna mobile banking BNI Syariah di Kota Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  secara parsial dan simultan, public relations, kepercayaan, dan persepsi kemudahan memiliki pengaruh positif signifikan dalam mempengaruhi minat bertransaksi menggunakan mobile banking. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah sebaiknya BNI Syariah menggunakan media promosi lain seperti iklan, penyebaran brosur, dan sosial media untuk memperkuat program PR dan melakukan pelatihan bagi praktisi PR. BNI Syariah sebaiknya juga meningkatkan sistem teknologi mobile banking dan mensosialisasikan cara penggunaan mobile banking agar mendorong minat nasabah untuk menggunakannya sebagai transaksi keuangan sehari-hari. Kata Kunci: Public Relations, Kepercayaan, Persepsi Kemudahan, Minat Nasabah BertransaksiMobile Banking. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

acc

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Account merupakan jurnal yang diterbitkan untuk memberikan masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dibidang akuntansi, keuangan dan perbankan. Artikel yang dimuat di jurnal ini merupakan kajian teoritis dan hasil riset terapan dibidang akuntansi, keuangan dan ...