Jurnal Pendidikan Ilmu Komputer (JPIK)
Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Ilmu Komputer (JPIK)

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK

Rabbani, Abdan Syakur ( Pendidikan Ilmu Komputer)
MT, Waslaluddin ( Pendidikan Ilmu Komputer)
Rahman, Eka Fitrajaya ( Pendidikan Ilmu Komputer)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2013

Abstract

Numbered Head Together merupakan model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk saling berkomunikasi aktif dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka, juga melibatkan siswa untuk dapat mengemukakan pendapat sendiri ketika berdiskusi dengan kelompoknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada kemampuan pemahaman antara siswa kelompok atas, tengah dan bawah setelah diimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre Eksperimental Design dengan menggunakan desain Pretest and Posttest Group. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Pasundan 8 Bandung sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif berupa pilihan ganda. Berdasarkan hasil penilitian dan analisis data, didapatkan hasil perhitungan gain ternormalisasi <g> sebesar 0,52 yang termasuk dalam kriteria sedang. Pada kelas atas sebesar 0,41, kelas tengah sebesar 0,49 dan kelas bawah 0,71. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji One-way ANOVA menunjukkan nilai Fhitung ≥ Ftabel, 6,330 ≥ 3,28 artinya H0 ditolak, nilai mean yang paling tinggi adalah kelas bawah sebesar 0,7050 yang termasuk kriteria tinggi. Dilanjutkan dengan uji Scheffe dari ketiga kelompok siswa, antara kelompok siswa kelas atas dan kelas tengah berbeda sebesar 0,08461, antara kelas tengah dan kelas bawah berbeda sebesar 0,29643, dan antara kelas atas dan kelas bawah berbeda sebesar 0,21182, dari hasil tersebut terlihat perbedaan gain ternormalisasi antara kelas atas dan kelas bawah adalah yang paling signifikan.  Kesimpulan yang didapat adalah bahwa terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kemampuan pemahaman antara siswa kelompok atas, tengah dan bawah setelah diimplementasikan model kooperatif tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Peningkatan yang paling tinggi terjadi pada kelas bawah.Kata Kunci: Numbered Head Together, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pre Eksperimental Design, Pretest and Posttest Group, One-way  ANOVA, Scheffe.

Copyrights © 2013