Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Vol 4, No 2 (2020): Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI KELAS DIGITAL BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA

Pianda, Didi (Unknown)
Rahmiati, Rahmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa Kelas X SMK Negeri 6 Lhokseumawe  melalui pendekatan Google Classroom sebagai Kelas Digital dengan Aplikasi Geogebra. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X-NKPI SMK Negeri 6 Lhokseumawe dengan jumlah 18 orang, Siklus I dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa selama pembelajaran berlangsung, angket kreativitas untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa setelah pemberian tindakan, dan tes hasil belajar sebagai data tambahan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) skor rata-rata kreativitas siswa pada siklus siklus I sebesar 56,11 dengan kategori rendah dan siklus II 83,22 dengan kategori tinggi  (b) nilai rata-rata hasil belajar  siswa pada siklus I yaitu 69,72 dari skor ideal 100 dengan kategori hasil belajar sedang sedangkan pada siklus II  yaitu  81,22 dari skore ideal 100 dengan kategori hasil belajar tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan Google Classroom sebagai Kelas Digital dengan Aplikasi Geogebra maka kreativitas belajar matematika siswa Kelas X-NKPI SMK Negeri 6 Lhokseumawe  mengalami peningkatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alkhawarizmi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

The Journal in Mathematics Educationand Mathematics Instructionwel comes any papers on mathematics education and mathematics instruction that report relevant classroom research in mathematics, evaluate and report on practices in teacher education in mathematics, review topical problems and report ...