Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 4 No. 2 (2020): OPTIKA

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM BELAJAR GERAK HARMONIK SEDERHANA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS E-LEARNING

Ilyas ilyas (Universitas Flores)
An Nisaa Al Mu'min Liu (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2020

Abstract

Salah satu masalah bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika adalah rendahnya motivasi dalam belajar mekanika materi gerak harmonik sederhana. sebagian besar mahasiswa malas dalam belajar, mengumpulkan tugas tidak tepat waktu dan tidak antusias belajar dalam kelas. Pendekatan pembelajaran yang digunakan selama ini kurang diminati. Oleh karena itu penelitian ini membahas tentang penggunaan pendekatan kontekstual berbasis e-learning untuk memotivasi mahasiswa dalam belajar gerak harmonik sederhana. Pendekatan kontekstual mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari hari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan data motivasi mahasiswa dalam belajargerak harmonik sederhana menggunakan pendekatan kontekstual berbasis e-learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non tes. Dari hasil analisis deskriptif terlihat bahwa rata-rata motivasi belajar siswa adalah 78,90 dalam kategori cukup.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...