COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 7 No 2 (2020): COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika

Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Taksonomi Marzano Untuk Menentukan Profil Kemampuan Penalaran Pada Materi Gerak Lurus

Cupma Riya C.S. (Prodi Pendidikan Fisika, Universitas PGRI Madiun, Madiun 63118)
Tantri Mayasari (Prodi Pendidikan Fisika, Universitas PGRI Madiun, Madiun 63118)
Mislan Sasono (Prodi Pendidikan Fisika, Universitas PGRI Madiun, Madiun 63118)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen tes kemampuan penalaran yang valid. Tahapan tahapan yang diambil oleh peneliti menggunakan model ADDIE yang sudah diteliti dan dikembangkan. Validasi instrumen yang sudah dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa secara keseluruhan instrumen tes memperoleh kategori baik. Hasil validasi empirik menunjukkan bahwa lima soal valid dan memperoleh hasil CVI sebesar 1. Hasil dari instrumen tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran menunjukan nilai rata-rata kemampuan mahasiswa untuk memecahkan sebuah masalah yaitu sebesar 18,18 dengan nilai tertinggi 35 dan terendah 7,5 dengan skala 0—100.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...