cover
Contact Name
Ayu Fitri Amalia
Contact Email
ayufitriamalia@ustjogja.ac.id
Phone
+6285643191166
Journal Mail Official
jurnalcompton@ustjogja.ac.id
Editorial Address
Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Jl. Batikan UH.III/1043, Yogyakarta 55167
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
ISSN : 23560673     EISSN : 25795252     DOI : http://dx.doi.org/10.30738/cjipf.v7i2
Core Subject : Science, Education,
The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of physics.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 165 Documents
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA Pujiyanto Pujiyanto; Widodo Budhi
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3 No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/cjipf.v3i1.670

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika antara pembelajaran menggunakan video pembelajaran dan tanpa menggunakan video pembelajaran. Secara komparatif bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika antara pembelajaran menggunakan video pembelajaran dan tanpa menggunakan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experiment atau eksperimen semu yang dilaksanakan di SMP Negeri 9 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukan bahwa kecenderungan prestasi belajar  fisika yang diajar menggunakan video pembelajaran dan tanpa menggunakan  video pembelajaran berada pada kategori sangat tinggi. Hasil analisis menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan prestsi belajar fisika antara pembelajaran menggunkan video pembelajaran dan tanpa menggunakan video pembelajaran. Rerata prestasi belajar fisika pembelajaran menggunakan video pembelajaran lebih tinggi  dari pembelajaran tanpa menggunakan video pembelajaran, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan video pembelajaran lebih efektif dibanding dengan pembelajaran tanpa menggunakan video pembelajaran. 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY ( TSTS ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Sigit Prayitno; Yuli Prihatni
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 4 No 2 (2017): COMPTON: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/cjipf.v4i2.3006

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan pengaruh prestasi belajar fisika yang diajar dengan metode eksperimen dan tanpa metode eksperimen. Jumlah populasi dalam penelitian ini 62 siswa. Sampel diambil secara random sampling, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas control. Kemampuan awal berasal dari nilai tes prestasi belajar fisika sebelum diberi perlakuan khusus. Data prestasi belajar dengan soal tes pilihan ganda. Teknis analisis data dengan uji- t setelah dilakukan uji persyaratan analisis, yang meliputi uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kecenderungan dan perbedaan yang sangat signifikan prestasi belajar fisika yang diajar dengan metode eksperimen dan tanpa metode eksperimen. Karena uji- t ( thitung= 2,712 > ttabel 5% = 2,000), hal ini berarti secara komparatif terdapat pengaruh yang sangat signifikan prestasi belajar fisika pokok bahasan pesawat sederhana antara yang diajar dengan metode eksperimen dan tanpa metode eksperimen.
Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Fisika Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Muaro Jambi Lasmita Lasmita; Lia Kartina
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 6 No 1 (2019): COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/cjipf.v6i1.4687

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengaruh karakter kerja keras dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Fisika pada kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muaro Jambi tahun akademik 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muaro Jambi yang berada di kelas VIII B dan VIII D tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 58 siswa. Sampel diambil dari seluruh siswa yang hadir saat penelitian berlangsung dengan memberikan angket kuisioner.  Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian dsekriptif ini menunjukkan ada hubungan positif antara karakter kerja keras dengan prestasi belajar mata pelajara Ilmu Pengetahuan Alam pada materi Fisika kelas VIII. Dimana siswa yang terbiasa dengan karakter kerja keras memiliki nilai interval dibagian nilai tinggi.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTUN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN Mavi Huda; Yuli Prihatni; Sumadi Sumadi
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 1 No 2 (2014)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/cjipf.v1i2.630

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika pokok bahasan besaran dan satuan kelas VII yang pembelajarannya dengan menggunakan media kartun dan tanpa menggunakan media kartun. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Data prestasi hasil belajar dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif kecenderungan prestasi belajar fisika menggunakan media kartun berada pada kategori tinggi, sedangkan  tanpa media kartun pada kategori sedang. Terdapat perbedaan yang sangat signifikan prestasi belajar fisika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media kartun dan tanpa menggunakan media kartun.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA Hafitriani Rahayu; Joko Purwanto; Daimul Hasanah
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 4 No 1 (2017)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/cjipf.v4i1.1384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi kelas XI IPA MAN LAB UIN Yogyarta. Tes berupa soal pretest dan soal posttest digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa tendensi sentral, ukuran dispersi serta Normalized Gain(N-Gain). Hasil analisa data menunjukkan nilai rata-rata skor posttest adalah 15,18 > rata-rata skor pretestyaitu4,64, serta standar deviasi skor posttestadalah 4,64> nilai standar deviasi skor pretestyaitu3,16. Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dilihat dari skor N-gain, yaitu 0,359 dan memasuki kategori sedang. Maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran  PjBL berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
PENGARUH MEDIA VISUAL GRAFIS TERHADAP PENCAPAIAN PEMBELAJARAN FISIKA Maria Yuni Beatrix Pantas
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 5 No 1 (2018): COMPTON
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/cjipf.v5i1.4144

Abstract

Tujuan deskriptif dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika menggunakan media visual graphichal dan tanpa media visual graphichal. Secara komparatif untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika kelas IX SMP N 9 Yogyakarta tahun akademik 2016/2017 antara pembelajaran menggunakan media visual graphichal dan tanpa media visual graphichal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Secara deskriptif hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar fisika menggunakan media visual graphichal termasuk kategori tinggi dengan rata-rata 18.15 dan tanpa media graphichal berada dalam kategori sedang dengan rata-rata 12.88. Secara komparatif terdapat perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar fisika antara pembelajaran menggunakan media visual graphichal dan tanpa media visual graphichal. Rata-rata prestasi belajar fisika menggunakan media visual graphichal lebih tinggi daripada model pembelajaran tanpa media visual graphichal. Artinya ada pengaruh model pembelajaran media visual graphichal terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas IX semester genap SMP N 9 Yogyakarta tahun akademik 2016/2017.
PENGARUH THE POWER OF TWO TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN OPTIKA GEOMETRIS Arum Puspitaningsih; Widodo Budhi; Hidayati Hidayati
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 1 No 2 (2014)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/cjipf.v1i2.569

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif dan komparatif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan perbedaan prestasi belajar fisika pokok bahasan optika geometris siswa kelas X dengan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dan konvensional. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar dengan model Kooperatif tipe The Power of Twotermasuk kategori tinggi (rerata 17,042), sedangkan konvensional termasuk kategori sedang. Secara komparatif ada perbedaan yang signifikan antara model Kooperatif tipe The Power of Two dengan konvensional.
PENGEMBANGAN E-LKPD (ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) FISIKA DENGAN 3D PAGEFLIP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI Atika Nur Hidayah; Puji Hariati Winingsih; Ayu Fitri Amalia
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 7 No 2 (2020): COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/cjipf.v7i2.9091

Abstract

Dampak pandemic Covid-19 terhadap Pendidikan menjadikan pembelajaran harus dilakukan secara daring, namun bahan ajar yang digunakan masih banyak berupa bahan ajar cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan produk.  Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunaka delapan tahapan. Uji kelayakan e-LKPD menggunakan angket skala likert dengan divalidasi oleh tiga validator. Uji keterbacaan e-LKPD dilaksanakan di SMA Negeri 1 Prambanan dan diperoleh produk berupa e-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) Fisika dengan 3D Pageflip Berbasis Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi. Kelayakan produk ini menurut validator adalah Sangat Baik (91%) dan Baik (9%). Sehingga layak untuk digunakan di sekolah sebagai salah satu bahan ajar bagi peserta didik.
PERBEDAAN PENDEKATAN INKUIRI MENGGUNAKAN LKS DAN TANPA LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN TEKANAN Putra Saptaka; Veator Renyaan
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 2 No 2 (2015)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/cjipf.v2i2.661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika dengan pendekatan pembelajaran inkuiri disertai LKS dan pendekatan pembelajaran inkuiri tanpa LKS. Populasi seluruh kelas VIII, sejumlah 96 siswa. Sampel diambil sebanyak 48 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, dan tes. Uji kemampuan awal menggunakan uji-t. Uji validitas butir soal dengan korelasi product moment pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Sebelum dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas sebaran menggunakan uji chi kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji F. Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII antara yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri disertai LKS dengan pendekatan pembelajaran inkuiri tanpa LKS.
HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU, MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA Diyah Ayu Triumiana; Sumadi Sumadi
COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3 No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/cjipf.v3i2.684

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru, motivasi belajar, kreativitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa kelas XI fisika SMK Muhammadiyah tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 290 siswa dengan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel 164 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan tes. Hasilpenelitian menunjukkan ada hubungan positif dan sangat signifikan antara gaya mengajar guru, motivasi belajar, kreativitas belajar siswa dan prestasi belajar fisika. Nilai koefisien determinasi R2 = 0.372. Sumbangan efektif sebesar 37,171% . Terdiri dari gaya mengajar guru 6.420%,motivasi belajar 16,048% dan 14,702% kreativitas belajar siswa.

Page 1 of 17 | Total Record : 165