Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat

Efektifitas Komunikasi Melalui Komunikasi Primer Dan Sekunder Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 2 Luyo Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar

Fadly Yusuf Aco (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas komunikasi primer dan komunikasi sekunder dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Luyo Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif dan juga merupakan penelitian lapangan (field reseacrh). Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah Guru PAI dan peserta didik di SMP Negeri 2 Luyo Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan telaah dokumen. Data-data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pola interaktif dengan aktivitas data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi primer yang terjadi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Luyo Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar adalah terlaksana secara efektif yang ditandai dengan adanya proses: (1) Guru menjelaskan materi pelajaran dengan bahasa yang mudah dipahami; (2) Memberikan motivasi kepada peserta didik; (3) Guru kreatif dalam tata kelas; (4) Guru bersikap ekspresif sebagai penguat komunikasi; dan (5) Komunikasi yang dua arah. Komunikasi sekunder yang terjadi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Luyo Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar telah terlaksana secara efektif yang ditandai dengan: (1) Guru menggunakan power point sebagai alat bantu dalam komunikasi; (2) Tersedianya buku paket yang memadai sehingga dapat digunakan oleh guru dan peserta didik; dan (3) Adanya penggunaan LKS dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...