Penelitian ini berjudul implementasi sekolah rujukan nasional di SMPN 3 Langsa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui usaha- usaha yang dilakukan sekolah dalam menjalankan sekolah rujukan nasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti akan mengamati fenomena yang berkaitan dengan usaha-usaha yang dilakukan sekolah dan guru untuk mencapai tujuan sekolah rujukan. Penelitian ini berlangsung 2 minggu, instrumen yang diambil dengan menggunakan wawancara dan observasi, yang digunakan untuk mengetahui pencapaian sekolah rujukan . dari hasil wawancara peneliti menemukan bahwa SMPN 3 Langsa memberikan perhatian khusus untuk mencapai tujuan dari sekolah rujukan yaitu memberikan wadah kepada siswa yang memiliki prestasi akademik dan non akademik untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan mereka melalui guru pendamping dan bekerja sama antara instansi luar yang mendukung. Peneliti juga menemukan banyaknya prestasi akademik dan non akademikyang dicapai oleh sekolah dan sekolah juga menerapkan budaya literasi bahasa inggris yang dilakukan setiap 15 menit awal pelajaran, literasi ini dilakukan oleh setiap guru mata pelajaran yang masuk di kelas.
Copyrights © 2020