Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAPKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 8 KENDARI

Noer Juniaty (Universitas Halu Oleo)
Suhar Suhar (Universitas Halu oleo)
Hasnawati Hasnawati (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 6 kelas.Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dari cara tersebut, dipilih dua kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen yang diajar model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol yang diajar model pembelajaran langsungDesain penelitian menggunakanposttest-only control design.Data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikelasVIII SMP Negeri 8 Kendari.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...