Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 8, No 3 (2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SETTING KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 10 KENDARI

Leni Melani (Universitas Halu Oleo)
Hafiludin Samparadja (Universitas Halu Oleo)
Hasnawati Hasnawati (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning setting kooperatif tipe TSTS dan tipe TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dari cara tersebut, dipilih dua kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen 1 yang diajar model pembelajaran discovery learning setting kooperatif tipe TSTS dan  kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen 2 model pembelajaran discovery learning setting kooperatif tipe TPS. Desain penelitian menggunakan posttest-only control design. Data hasil penelitian diperoleh menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru, peserta didik dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning setting kooperatif  tipe TSTS dan TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...