Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning setting kooperatif tipe TSTS dan tipe TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dari cara tersebut, dipilih dua kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen 1 yang diajar model pembelajaran discovery learning setting kooperatif tipe TSTS dan kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen 2 model pembelajaran discovery learning setting kooperatif tipe TPS. Desain penelitian menggunakan posttest-only control design. Data hasil penelitian diperoleh menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru, peserta didik dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning setting kooperatif tipe TSTS dan TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari
Copyrights © 2020