Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 8, No 3 (2020)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA UNTUK SOAL NON RUTIN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MOLAWE

Jusriawan Jusriawan (Universitas Halu Oleo)
Hafiludin Samparadja (Universitas Halu Oleo)
Saleh Saleh (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model PBL dan model pembelajaran langsung, (2) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model PBL dan model pembelajaran langsung, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan model PBL terhadap hasil belajar matematika untuk soal non rutin siswa kelas VII SMP Negeri 1 Molawe. Penelitian ini berjenis eksperimen semu post-test only control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar matematika siswa yang berbentuk tes uraian. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model PBL dan model pembelajaran langsung berkategori baik, (2) hasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan model PBL memiliki nilai rata-rata 53,33 dan model pembelajaran langsung memiliki nilai rata-rata 43,91, (3) terdapat pengaruh penggunaan model PBL terhadap hasil belajar matematika untuk soal non rutin siswa kelas VII SMP Negeri 1 Molawe.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...