Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model PBL dan model pembelajaran langsung, (2) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model PBL dan model pembelajaran langsung, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan model PBL terhadap hasil belajar matematika untuk soal non rutin siswa kelas VII SMP Negeri 1 Molawe. Penelitian ini berjenis eksperimen semu post-test only control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar matematika siswa yang berbentuk tes uraian. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model PBL dan model pembelajaran langsung berkategori baik, (2) hasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan model PBL memiliki nilai rata-rata 53,33 dan model pembelajaran langsung memiliki nilai rata-rata 43,91, (3) terdapat pengaruh penggunaan model PBL terhadap hasil belajar matematika untuk soal non rutin siswa kelas VII SMP Negeri 1 Molawe.
Copyrights © 2020