Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 8, No 3 (2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Yani Windra (Universitas Halu Oleo)
Jafar Jafar (Universitas Halu Oleo)
La Arapu La Arapu (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sampara tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 3 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIIĀ­2 sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...