EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 7, No 1 (2021): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Analisis Kecerdasan Intelektual Kepala Sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah

Ari Arfiah Hardian (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Amini Amini (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Elfrianto Elfrianto (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan  intelektual kepala sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kecerdasan intelektual kepala sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah , berdasarkan indicator adalah sebagai berikut: pertama, Pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah dalam menangani kecerdasan angka dapat di katakan baik karna terbukti dengan membagi jam mengajar pada dewan guru serta memberikan sangsi apabila ada yang menyalahi aturan, serta mengatur waktu dalam hal rapat dan pembahasan belajar mengajar. Kedua, Dalam kepemimpinan kepala sekolah menangani pemahaman komunikasi verbal di SMA Tarbiyah Islamiyah dapat di kategorikan baik karna dapat dilihat dari hasil yang di berikan, seperti pemahaman oleh dewan guru dan peserta didik dengan baik. Dan ketiga, Kepemimpinan kepala sekolah dalam menangani kecepatan persepsi memeberikan dampak yang positif, seperti salah satunya memberikan metode belajar yang baru melalui pembelajaran during atau online dan melakukan tatap muka secara berkala dan bergelombang.

Copyrights © 2021