Jurnal Al-Tadzkiyyah
Vol 11, No 2 (2020): Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

KONSEP GENDER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Imam Syafei (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Hayyu Mashvufah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Jaenullah Jaenullah (IAI MAARIF METRO, Indonesia)
Agus Susanti (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Pemahaman masyarakat tentang arti gender sendiri masih sangat sempit, banyak yang memahami gender sekedar wacana untuk membedakan laki-laki dan perempuan secara seks atau kodrati. Bahkan karena hal tersebut agama dibawa-bawa sebagai patron utama dalam kemunculan berbagai permasalahan ketidakadilan gender. Pengajaran pendidikan Islam masih dirasa kurang sensitif terhadap gender, dalam arti masih banyak kesalahfahaman mengenai gender yang perlu dijawab dan dikaji salah satunya melalui perspektif pendidikan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis konsep gender dalam perspektif pendidikan Islam serta berusaha mendeskripsikan Pendidikan Islam berbasis keadilan gender. Jenis Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi pustaka. Data yang telah diperoleh dikompulasikan, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai masalah yang dibahas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep gender berbasis Pendidikan Islam merupakan hal yang penting untuk dipraktikkan dikehidupan sehari-hari dalam kehidupan berkeluarga, maupun bermasyarakat.  Karena pendidikan berbasis konsep gender ini telah banyak dibicarakan dalam Al-Qur’an dan Hadist sehingga tidak memiliki keraguan sedikit pun tentang keadilan gender dalam Islam.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tadzkiyyah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam discussed the raised issues concerning Islamic education and unbiased exchange of information on the results of scientific studies or research for scholars and practitioners in the field of Islamic education in theory and practice, and research learning Islamic ...