Semiotika: Jurnal Komunikasi
Vol 11, No 2 (2017): SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi

KAJIAN VALS KONSUMEN INDONESIA PADA MEREK PREMIUM TERHADAP PEMALSUAN DAN BRAND IMITASI

Ardhariksa Zukhruf Kurniullah (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercubuana Jakarta)
Nova Aprilia (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2018

Abstract

Gaya hidup seseorang adalah gaya hidup yang diekspresikan oleh aktivitas, minat, dan opini seseorang. Dalam studi ini, fokus pada studi VALS tentang Konsumsi barang mewah (merek mewah). Penghapusan uang adalah masalah besar untuk produk dan merek mewah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengenalan merek, kategorisasi merek dan minat pembelian responden pada produk smartphone dan parfum yang dirancang pada nama atribut dan tampilan menggunakan pendekatan semiotik. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental. Data yang diperoleh melalui kuesioner online dibagikan kepada 120 responden. Hasil responden direkapitulasi dan ditabulasikan kemudian diuji oleh model penelitian menggunakan Two-Way Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat beli yang signifikan pada nama produk yang identik, mirip dan berbeda pada produk dan parfum smartphone. Temuan-temuan ini memberikan beberapa implikasi teoritis dan praktis yang penting dalam bagaimana minat beli yang berbeda terhadap barang-barang mewah dipalsukan. Kata Kunci: VALS, Pemalsuan, Semiotik, Pengakuan merek, Niat membeli

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

semiotika

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah “SEMIOTIKA” diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi – Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH), Universitas Bunda Mulia secara rutin dan berkala sesuai dengan periode terbit per semester (6 bulan), yaitu bulan Juni dan Desember. Redaksi jurnal “SEMIOTIKA” membuka ...