Semiotika: Jurnal Komunikasi
Vol 13, No 2 (2019): Semiotika : Jurnal Komunikasi

Ekonomi Politik Media dan Ruang Publik

Poti, Jamhur (Universitas Maritim Raja Ali Haji)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2019

Abstract

Informasi yang cepat dan mampu menjangkau khalayak telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Media massa berperan penting dalam kehidupan sosial, politik dan ekonomi, disamping itu juga harus sebagai ruang publik guna menyalurkan partisipasi masyarakat dalam menegakkan sistem pemerintahan yang demokrasi. Ruang publik adalah bagian dari kehidupan sosial, dimana setiap warga negara dapat saling berargumentasi tentang berbagai masalah yang terkait dengan kehidupan publik dan kebaikan bersama. Namun kini media tidak lagi berorientasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal informasi dan hiburan yang sehat, melainkan lebih dominan pada profit ekonomi kapitalis, kekuatan pasar secara kompetitif. Pada akhirnya masyarakat  tidak mendapatkan informasi yang ditampilkan secara both of side dan aktual. Pemberitaan media dikemas sedemikian rupa dengan metode agenda setting. Hal ini menjadi dilematis tersendiri bagi demokrasi media antara publik atau kepentingan kapiyalis. Sedangkan media digunakan oleh kepentingan pasar untuk dapat menghasilkan keuntungan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

semiotika

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah “SEMIOTIKA” diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi – Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH), Universitas Bunda Mulia secara rutin dan berkala sesuai dengan periode terbit per semester (6 bulan), yaitu bulan Juni dan Desember. Redaksi jurnal “SEMIOTIKA” membuka ...