Semiotika: Jurnal Komunikasi
Vol 12, No 1 (2018): Semiotika : Jurnal Komunikasi

FENOMENA MEIKARTA SEBAGAI SIMBOL MODERNITAS (STUDI SEMIOTIKA PEMASARAN OSWALD DALAM IKLAN KOTA MEIKARTA)

Virgitta Septyana (Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2019

Abstract

ABSTRAK Pemerintah terus berupaya mengatasi masalah defisit rumah (backlog). Presiden Joko Widodo bahkan mengatakan Pemerintah ingin mengurangi backlog yang saat ini berada di posisi 11,4 juta unit.Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan membangun hunian di daerah pinggiran Jakarta. Oleh karena itu, pemerintah daerah dapat menjalin kerja sama dengan pengembang untuk pembentukan kawasan baru. Salah satu developer terkemuka yaitu PT Lippo Karawaci Tbk memperkenalkan Proyek Meikarta dianggap selain mampu membantu pemerintah mengatasi backlog. Salah satu bentuk promosi kota Meikarta adalah dengan iklan Kota Meikarta yang kerapkali muncul di stasiun televisi.Penelitian ini ingin melihat bagaimana konstruksi realtias sosial dalam iklan Kota Meikarta. Iklan ini menggunakan semiotika pemasaran Oswald untuk melihat simbol modernitas dalam iklan berdurasi 1 menit.Dari hasil penelitian, terlihat bahwa penggambaran Kota Meikarta sebagai simbol Modernitas terlihat dari kehidupan yang terstandar, kecanggihan teknologi yang akan memberikan kepraktisan hidup bagi para warganya.Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Iklan, Semiotika Pemasaran

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

semiotika

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah “SEMIOTIKA” diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi – Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH), Universitas Bunda Mulia secara rutin dan berkala sesuai dengan periode terbit per semester (6 bulan), yaitu bulan Juni dan Desember. Redaksi jurnal “SEMIOTIKA” membuka ...