Jurnal Ekonomi Efektif
Vol 1, No 3 (2019): JURNAL EKONOMI EFEKTIF

ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI SABUN LIFEBUOY PADA MASYARAKAT DESA CIDOKOM, KECAMATAN GUNUNG SINDUR KABUPATEN BOGOR – JAWA BARAT

Irmal Irmal (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2019

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan produk terhadap minat beli sabun lifebuoy pada masyarakat desa Cidokom secara simultanMetode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan asosiatif. Populasi sebanyak 7.035 orang, teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling menggunakan metode teknik sampling menggunakan rumus Slovin dengan sampel sebanyak 99 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis.Harga (X1) promosi (X2) dan produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y) dengan persamaan regresi Y = 7,273 + 0,0,225X1 + 0,356X2 + 0,242X3. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,712 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki pengaruh yang kuat dengan koefisien determinasi atau pengaruh secara simultan sebesar 50,6% sedangkan sisanya sebesar 49,4% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (32,499 > 2,470), hal tersebut juga diperkuat dengan probability signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H4 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara harga, promosi dan produk terhadap minat beli. Kata Kunci: Harga, Promosi, Produk, Minat Beli.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Efektif (JEE) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama) dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas) dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti yang belum diterbitkan di ...