Jurnal Ekonomi Efektif
Vol 1, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI EFEKTIF

PENGARUH PROMOSI PENJUALAN (SALES PROMOTION) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT KHARISMA BUKIT PERMATA INDAH

Yanurianto Yanurianto (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2019

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui promosi penjualan (sales promotion) yang dilakukan oleh PT Kharisma Bukit Permata Indah untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen pada PT Kharisma Bukit Permata Indah, dan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan (sales promotion) terhadap keputusan pembelian pada PT Kharisma Bukit Permata Indah.Metode yang digunakan oleh peneliti ini dilakukan dengan metode analisa data berupa uji validitas dan uji reliabilitas, dan teknik analisa data menggunakan uji regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji signifikan koefisien korelasi (uji t).Hasil dari penelitian ini promosi penjualan (sales promotion) yang dilakukan oleh PT Kharisma Bukit Permata Indah cukup baik yaitu responden lebih banyak menjawab sangat setuju 33,4% dan setuju 50,3% sehingga jika dijumlahkan sebesar 83,7% artinya promosi penjualan (sales promotion) pada PT Kharisma Bukit Permata Indah masih baik,keputusan pembelian responden lebih banyak menjawab sangat setuju 33,7% dan setuju 46,3% sehingga total sebesar 80% artinya keputusan pembelian pada PT Kharisma Bukit Permata Indah masih sangat stabil, terdapat pengaruh positif pada promosi penjualan (sales promotion)  terhadap keputusan pembelian pada PT Kharisma Bukit Permata Indah sebesar 20,567 artinya jika promosi penjualan di tingkatkan satu satuan akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 20,982. Adapun kontribusinya variabel promosi penjualan (sales promotion) terhadap keputusan pembelian sebesar  tingkat signifikasinya dan diperoleh hasil uji hipotesis t hitung sebesar (8,34) sehingga H0 di tolak dan Ha di terima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara promosi penjualan (sales promotion) terhadap keputusan pembelian pada PT Kharisma Bukit Permata Indah. Kata Kunci: Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Keputusan Pembelian

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Efektif (JEE) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama) dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas) dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti yang belum diterbitkan di ...