Jurnal Ekonomi Efektif
Vol 1, No 4 (2019): JURNAL EKONOMI EFEKTIF

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA INDOMARET CABANG CIPONDOH

Irmal Irmal (Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualias pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Indomaret Cabang Cipondoh. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel kualias pelayanan diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 34,1 dengan kriteria baik. Variabel kepuasan konsumen diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,83 dengan kriteria baik. Kualias pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai persamaan regresi Y = 9,172 + 0,856X, dan nilai koefisien korelasi 0,765 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 58,5%, sedangkan sisanya sebesar 41,5% dipengaruhi faktor lain. UjiĀ  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Efektif (JEE) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama) dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas) dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti yang belum diterbitkan di ...