Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN

Analisis Model Pembelajaran Pada Kelas E-Learning

Paskalina Widiastuti Ratnaningsih (Universitas Katolik Musi Charitas)
Ria Triayomi (Universitas Katolik Musi Charitas)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2021

Abstract

Pembelajaran E-learning menjadi platform yang digunakan selama pandemi Covid 19. Pengajar mengawasi yang tepat selama E-learning. E-learning merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang difasilitasi dan didukung pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Dosen dan mahasiswa di lingkup universitas juga berfokus pada E-learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyampaian materi pembelajaran, tugas, metode pembelajaran, dan media yang digunakan dalam pembelajaran E-learning. Penelitian ini menggunakan metode survei. Instrumen pada penelitian ini yaitu kuesioner dan wawancara. Hasil dari kuesioner dan wawancara dapat menyatakan bahwa materi pembelajaran lebih banyak disampaikan dengan Google Meet atau Zoom dan materi disampaikan dengan baik. Responden juga mencari pengetahuan secara mandiri di internet. Pada tugas pembelajaran dapat dipercaya bahwa terdapat banyak tugas pada pembelajaran E-learning, namun tugas yang diberikan memperdalam pengetahuan yang sudah ada. Pada metode pembelajaran E-learning dapat menyatakan bahwa metode yang digunakan lebih banyak dengan ceramah, diskusi, dan tugas. Tersedia pula metode masalah masalah dan menemukan secara mandiri yang digunakan dalam pembelajaran. Pada media pembelajaran E-learning yang digunakan, terdapat beragam media yang digunakan dimana sebagian besar menggunakan sistem manajemen pembelajaran universitas yaitu Lumen dan konferensi virtual seperti Google Meet atau Zoom. Faktor yang mendukung implementasi e-learning adalah mahasiswa maupun dosen sudah cukup melek informasi digital. Media internet yang sedemikian berdaya guna optimal untuk mendukung sistem tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan Jurnal Peer ulasan untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, yang terbuka untuk para dosen, guru, dan masyarakat sesuai kebutuhan. Sedangkan ruang publikasi jurnal equilibrium ...