JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE
Vol 7, No 1 (2021): APRIL 2021

KETELADANAN GURU DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DI MA’HAD SABILURRASYAD DESA CEPU PENANGGALAN KOTA SUBULUSSALAM

Masithah Masithah (Unknown)
Nurmalina Nurmalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2021

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sumberdaya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai yang strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Oleh sebab itu, hampir semua negara menempatkan pendidikan karakter sebagai sesuatu yang sangat penting dan utama dalam konteks pembangunan bangsa dan negara. Begitu juga Indonesia menempatkan pendidikan karakter sebagai sesuatu yang penting dan utama. Pendidikan karakter merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat modern karena melalui pendidikan karakter mereka dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Ketercapaian tujuan pendidikan karakter sangat bergantung pada kecakapan dan kecerdasan tenaga pendidik yang merupakan salah satu  contoh bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis hal-hal yang berkenaan dengan Hakikat pendidikan karakter, karakteristik kepribadian guru, sikap profesional seorang guru, dan Keteladanan guru dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Objek dari penelitian ini adalah Guru dan santri di Ma’had Sabilurrasyad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pendidikan berkarakter bukanlah sebuah proses menghafal materi soal ujian dan teknik-teknik menjawab pertanyaannya saja. Pendidikan berkarakter membina peserta didik agar cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia yang bisa membanggakan orang tua masyarakat dan negaranya. Guru dituntut mempunyai kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. (2) Menjadi teladan bagi siswa dalam pembentukan karakter berarti harus bertanggung jawab dan disiplin dalam menjalankan semua peraturan di Ma’had Sabilurrasyad secara konsisten. Kata kunci: Keteladanan Guru dan Pendidikan Berkarakter

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of the Journal of Education Science (JES), p-ISSN 2442-3106, e-ISSN 2615-5338 is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects ...