EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan
Vol 4, No 1 (2019)

Penerapan Model Pembelajaran POGIL sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga

Alana Putri Rahmawati (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwari Raya No 25 Kec Cipocok Kota serang,)
Ratna Sari Siti Aisyah (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwari Raya No 25 Kec Cipocok Kota serang,)
Isriyanti Affifah (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Ciwari Raya No 25 Kec Cipocok Kota serang,)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2019

Abstract

Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep larutan penyangga, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep larutan penyangga dengan menerapkan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Kota  Serang kelas XI tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre test post test design. Sampel penelitian ini terdiri dari 59 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu 29 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pemahaman konsep siswa diperoleh dengan menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian mengungkapkan pemahaman konsep larutan penyangga yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran POGIL mengalami peningkatan yang signifikan yang ditunjukan dengan nilai rata-rata gain sebesar 0,44 yang berada pada kategori sedang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EduChemia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Focus and Scope Educhemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is Periodicals published the results of research related to the development of science and technology in the field of Chemistry and Chemistry education as a form of intellectual property Chemistry: Organic chemistry, Inorganic chemistry, ...