Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data capaian kompetensi siswa pada teknik pengelasan GMAW dengan menggunakan model self designed project learning dan mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan model ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel diambil dengan cara purposive sampling dan jenis sampel nonprobability sampling. Dengan pertimbangan tertentu, sampel diambil adalah siswa dengan kompetensi keahlian teknik pengelasan logam berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes (pretest dan posttest) denggan bentuk tes yaitu uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi siswa dalam perencanaan produk meningkat seelah digunakan model self designed project learning. Rata-rata hasil pembelajaran perencanaan produk dan praktik untuk mengetahui dengan kategori sedang. Nilai rata-rata 6,09 dan hasil tes keterampilan rata-rata 87,97. Tanggapan siswa terhadap penggunaan model ini yaitu mayoritas sangat setuju diterapkan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan model self designed project learning telah meningkatkan kompetensi siswa pada pengelasan GMAW. Model ini dapat menyelaraskan antara kebutuhan kualifikasi kompetensi di dunia industri dengan sekolah dan berwirausaha.
Copyrights © 2019