Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 4, No 1 (2020): Terbit 2 kali dalam setahun

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS III SDN 1 MEETO

Nurmianti, Nurmianti (Unknown)
Arihi, La Ode Safiun (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn Siswa kelas III SD Negeri 1 Meeto dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi norma yang berlaku di masyarakat.. Prosedur penelitian yaitu; (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Hasil analisis penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 10 orang atau sebesar 62,5% dengan nilai rata-rata 66,25, persentase aktivitas guru pertemuan pertama sebesar 64,7% dan pertemuan kedua sebesar 76,5%, persentase aktivitas belajar siswa pertemuan pertama sebesar 58,8% dan pertemuan kedua sebesar 76,5%. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 15 orang atau sebesar 93,75% dengan nilai rata-rata 72,3, persentase aktivitas guru sebesar 88,2%, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 88,2%.Kata kunci: model pembelajaran; think-pair-share; hasil belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...