Proceeding SENDI_U
2020: SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU DAN CALL FOR PAPERS

PENCARIAN POLA PENJUALAN MINUMAN KEMASAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: TOKO RENJI SEMARANG)

Andriyani, Fitri (Unknown)
Arief, Arief (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2020

Abstract

Toko Renji merupakan toko yang menjual produk minuman kemasan yang ada di Kota Semarangberalamat di Jalan Puspanjolo Selatan RT 7 RW 3, Bojong Salaman, Kota Semarang. Toko ini menjual berbagaimacam merek produk minuman kemasan. Namun pemilik toko masih sering mengalami kesulitan dalam mengolahdata transaksi penjualan dan mengalami kesulitan dalam mengolah ketersediaan barang, oleh karena itupenjualan tidak maksimal. Maka dari itu pihak Toko Renji membutuhkan informasi pola kombinasi produkminuman kemasan agar dapat memenuhi persediaan produk minuman yang saling berkaitan.Dengan adanyaimplementasi data mining menggunakan Algoritma Apriori pada Toko Renji dapat membantu pemilik toko dalammengetahui pola kombinasi produk minuman yang saling berhubungan. Menganalisa transaksi penjualantersebut dapat menggunakan teknik asosiasi tujuannya agar bisa melihat pola hubungan antar barang yang dibelikonsumen secara bersamaan. Proses ini menggunakan Software Rstudio dengan nilai minimum support 0,01 (1%)dan nilai confidence 0,5 (50%) aturan yang diperoleh dari nilai support dan confidence yaitu 14 aturan asosiasi.Aturan asosiasi tersebut menghasilkan nilai confidence tertinngi 100% pada pembelian Kopi Cup dan Vit 1500mlmaka akan membeli Le Minerale 600ml secara bersamaan. Penerapan Algoritma Apriori pada data miningdengan aturan asosiasi dapat menemukan pola kombinasi itemset dari hasil penjualan produk minuman di TokoRenji, sehingga diperoleh informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan penjualan dan dapat mengolahpersediaan stok produk minuman dengan baik. Kedepannya dapat mengkombinasikan dengan algoritma lainuntuk melihat perbandingan analisanya dan dikembangkan lebih luas lagi dalam bentuk aplikasi agar dapatdengan mudah mengaksesnya.

Copyrights © 2020