ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika
Vol 9, No 2 (2021): ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektro

Pengoptimalan Kinerja Pengereman Regeneratif Motor BLDC menggunakan Cascaded Boost Converter

DANIEL RAHADIAN FIRMANTO (Teknik Elektro Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)
SLAMET RIYADI (Teknik Elektro Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)
LEONARDUS HERU PRATOMO (Teknik Elektro Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)
FLORENTINUS BUDI SETIAWAN (Teknik Elektro Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2021

Abstract

ABSTRAKMesin Brushless Dircet Current (BLDC) digunakan pada kendaraan listrik karena memiliki torsi yang besar dan memungkinkan untuk pengereman regeneratif. Pengereman regeneratif dirancang agar kendaraan listrik memiliki jarak tempuh yang lebih panjang. Pada saat pengereman, konverter bidirectional dioperasikan menjadi boost rectifier agar energi dapat berpindah ke baterai. Boost rectifier memiliki gain yang rendah, sehingga pengiriman daya ke baterai kurang optimal. Pada penelitian ini ditambahkan chopper kedua yang memiliki gain tinggi agar pengiriman daya lebih optimal. Metode modulasi lebar pulsa yang dibangkitkan mikrokontrol dsPIC30f4012 digunakan untuk mengendalikan saklar (IRFP 460) pada konverter. Verifikasi menggunakan perangkat keras telah dilakukan untuk mendukung penelitian ini. Hasil percobaan pada duty cycle 0,8 dapat dihasilkan arus pada baterai sebesar 0,25 A dan kecepatan berkurang menjadi 663 rpm.Kata kunci: BLDC, Pengereman regeneratif, Boost rectifier, chopper, dsPIC30f4012 ABSTRACTBrushless direct current (BLDC) machine is suitable to be implemented in electric vehicle since it can provide high torque and is capable to do regenerative braking. For electric vehicle applications, the regenerative braking is needed to make such vehicle can travel longer distance. For making the machine current can flow into the battery, the bidirectional converter will be operated as a boost rectifier. The boost rectifier produced a low gain so that the second chopper with a high gain is required. The pulse width modulation (PWM) method was used to control each switch (IRFP 460) using a dsPIC30F4012 microcontroller. A verification with experimental work was done. Based on the result, with 0.8 duty cycle can produced a 0.2 A battery current also and speed reduced to 663 rpm.Keywords: BLDC, Regenerative braking, Boost rectifier, chopper, dsPIC30f4012

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elkomika

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal ELKOMIKA diterbitkan 3 (tiga) kali dalam satu tahun pada bulan Januari, Mei dan September. Jurnal ini berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya pada Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, dan Teknik ...