Jurnal Cakrawala Pendas
Vol 7, No 1 (2021): January

MOTIVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

Oni Sahroni (Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Rissa Nuryuniarti (Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Anggia Suci Pratiwi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Milah Nurkamilah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh guru saat terjadi pandemi seperti sekarang ini.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahi apakah terdapat perbedaan motivasi sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn di SDN Gunung Lipung1 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2019-2020. Metode penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan teknik quasi eksperimental dan designya adalah one group pre test and post test design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI SDN Gunung Lipung1 Kota Tasikmalaya. Instrumen penelitian menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh guru PPKn di SDN Gunung Lipung1 Kota Tasikmalaya mampu meningkatkan motivasi siswa. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan motivasi sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn di SDN Gunung Lipung1 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2019-2020

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CP

Publisher

Subject

Education

Description

urnal Cakrawala Pendas adalah media publikasi civitas akademika dalam bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian serta penelitian Dosen, mahasiswa, guru, praktisi, dan ilmuwan di bidang pendidikan dasar yang meliputi ...