JIPHO ( Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)
Vol 3, No 1 (2021): JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)

Kualitas Spermatozoa Ayam Kampung (Gallus Domestica) dengan Pemberiaan Pakan yang Mengandung Tepung Biji Labu Kuning (Cucurbita Moschata)

Nur Fitry Yanti (Faculty of Animal Science, Halu Oleo University, South East Sulawesi, Indonesia)
Rusli Badaruddin (Unknown)
Takdir Saili (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi pengaruh pemberiaan pakan dengan tambahan tepung biji labu kuning terhadap kualitas spermatozoa ayam kampung. Materi yang digunakan adalah ayam kampung jantan sebanyak empat ekor dengan rataan berat 1,7 kg dan kisaran umur 1,0 – 1,5 tahun. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah level pemberian tepung biji labu kuning yang terdiri atas: 0% atau kontrol (P0), 0,05% (P1), 0,1% (P2) dan 0,2% (P3). Variabel yang dievaluasi meliputi kualitas semen segar yang terdiri atas volume, warna, kosistensi, bau dan derajat keasaman (pH) dan kualitas spermatozoa yang terdiri atas gerakan massa, persentase motilitas dan konsentrasi spermatozoa. Hasil penelitian menunjukkan rataan volume semen ayam kampung adalah 0,43±0,14 ml, derajat keasaman (pH) 6,41±0,19, dengan warna putih susu, bau khas dan konsistensi kental. Sedangkan rataan kualitas spermatozoa meliputi persentase motilitas 85,00±4,47, gerakan massa 2,26±0,51 dan konsentrasi spermatozoa 1,58±0,28 (x107/ml). Pemberian tepung biji labu kuning dengan dosis 0,05%-0,2% dari berat badan memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap derajat keasaman (pH) dan persentase motilitas spermatozoa ayam kampung pada penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPHO

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO) adalah jurnal ilmiah bidang peternakan yang mencakup; pemuliaan dan genetika, reproduksi, fisiologi, nutrisi, teknologi pakan, hijauan pakan, produksi ternak, bioteknologi, tingkah laku, kesehatan, sistem peternakan, sosial ekonomi, kebijakan, dan teknologi ...