JIPHO ( Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)
Vol 3, No 1 (2021): JIPHO (Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo)

Karakteristik Telur Ayam Kampung Super yang Diberi Pakan Campuran Mengandung Kulit Ari Biji Mete (Anacardium Ocidintale) dan Cangkang Kepiting (Portunus Pelagicus)

Majid Majid (Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo Kendari, Indonesia)
Rusli Badaruddin (Unknown)
Takdir Saili (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi karakteristik ayam kampung super yang diberi pakan campuran kulit ari biji mete dan tepung cangkang rajungan. Penelitian ini dilakukan di Desa Wajo Gu, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara. Dua puluh enam ayam kampung kampung super berumur 12 bulan digunakan dalam penelitian ini. Umpan basal (pakan kontrol) yang digunakan adalah pakan campur terdiri dari jagung, dedak padi dan konsentrat. Sedangkan pakan pengobatan adalah pakan kontrol yang dilengkapi kulit ari biji mete dan tepung cangkang rajungan. Variabel yang diukur adalah indeks telur, warna dan tekstur telur, indeks kuning telur, tinggi albumen, tebal kulit telur dan unit haugh. Pengaruh perbedaan yang signifikan antara pakan kontrol dan umpan perlakuan dibandingkan dengan menggunakan uji t siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi kulit ari biji mete dan tepung cangkang rajungan dapat meningkatkan indeks telur dan ketebalan kulit telur (kualitas eksternal), dan indeks kuning telur, tinggi albumen dan haugh unit (kualitas internal).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPHO

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo (JIPHO) adalah jurnal ilmiah bidang peternakan yang mencakup; pemuliaan dan genetika, reproduksi, fisiologi, nutrisi, teknologi pakan, hijauan pakan, produksi ternak, bioteknologi, tingkah laku, kesehatan, sistem peternakan, sosial ekonomi, kebijakan, dan teknologi ...