Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS ALMUSLIM PADA MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN MELALUI PEMANFAATAN PETA KONSEP SECARA DARING

Rahmawati (Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandemik Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda seluruh dunia termasuk Negara Indonesia pada awal tahun 2020, sebagai tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 Rektor Universitas Almuslim berdasarkan surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan serta surat keputusan Gubernur Aceh maka mulai pertengahan Maret 2020 sampai dengan 29 Mei 2020 perkuliahan dilaksanakan secara online/daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim pada mata kuliah morfologi tumbuhan melalui pemanfaatan peta konsep secara daring. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus yang terdiri atas 4 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, serta dilaksanakan pada semester Genap Tahun Akademik 2019/2020. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar, aktivitas mahasiswa dan catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Semester II Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim pada tahun akademik 2019/2020 yang berjumlah 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas maupun hasil belajar mahasiswa pada siklus I dengan persentase 50% meningkat menjadi 100 % pada siklus II, dengan peningkatan sebesar 50%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Almuslim pada mata kuliah morfologi tumbuhan melalui pemanfaatan peta konsep secara daring. Kata Kunci : Hasil Belajar, Morfologi Tumbuhan, Peta Konsep, Daring.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jesbio

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi ...