cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 23021705     EISSN : -     DOI : -
JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi murni.
Arjuna Subject : -
Articles 295 Documents
EPIDIDIMIS DAN PERANNYA PADA PEMATANGAN SPERMATOZOA Akmal, Muslim; Masyitah, Dian; Hafizuddin, Hafizuddin; Fitriani, Fitriani
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Epididymis is the important organ in male reproductive system. Functions of epididymis are as transportation, maturation, and storage of sperm. Sperm of testikular are non-functional gamets, and only during transit through the epididymis, the sperm will become functional gamets. Synthesis and secretion of some proteins by epididymis epithelium are very important for maturation of sperm in epididymis. The objective is to know the important role of epididymis in secretion of some proteins or molecule and its function for sperm maturation. Keywords : Epididymis, spermatogenesis, protein
IDENTIFIKASI PARASIT GASTROINTESTINAL PADA FESES ORANGUTAN SUMATERA (Pongo abelii) SEMI LIAR DI KAWASAN CAGAR ALAM PINUS JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR Selian, Raja Marthunus; Hanafian, M; R, Erdiansyah
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi serta mengetahui jenis-jenis parasit gastrointestinal pada feses Orangutan sumatera (Pongo abelii) semi liar yang berada di kawasan Cagar Alam Pinus Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Sampel yang diambil berupa feses dari 10 ekor Orangutan sumatera yang berada di kawasan Cagar Alam Pinus Jantho. Kemudian sampel feses segar diawetkan dengan menggunakan cairan AFA (alkohol-formal-acetic). Selanjutnya sampel feses diperiksa di Laboratorium Parasitologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala. Metode pemeriksaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Sentrifus dan Sedimentasi untuk mengetahui keberadaan parasit gastrointestinal. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil pemeriksaan laboratorium dari 10 sampel feses Orangutan sumatera, 8 sampel positif ditemukan parasit gastrointestinal jenis Ascaris sp., Hookworm dan Balantidium coli. Tingkat prevalensi Ascaris sp. sebesar 20%, Hookworm 20% dan Balantidium coli 40%. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa terdapat parasit gastrointestinal Ascaris sp., Hookworm dan Balantidium coli pada 8 sampel feses Orangutan sumatera (Pongo abelii) semi liar di kawasan Cagar Alam Pinus Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Kata kunci : Orangutan sumatera, Ascaris sp., Hookworm, Balantidium coli
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP AKTIVITAS SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA Palestina, Siti Maryam Fadhilah
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study were aimed to know : Activity of students on the subject of human system respiratory using problem based learning strategy was compare by critical thinking skill of students using conventional learning. The study was conducted in SMA Negeri 4 Bireuen. The method used was experiment. The sample in this study were two classes is determined by cluster random sampling, consist of an exsperimental class (problem based learning) and the control class (conventional learning). The technique of analyzing data was conducted through t test. The conclusion of the research are significantly different both students activity who taught using problem based learning with students who taught using conventional learning.  Key words:    problem based learning, students activity, human system respiratory
KETEPATAN INSTRUKSI KEGIATAN PRAKTIKUM DALAM LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN SAINS KELAS 1-6 SEKOLAH DASAR Muhammad, Muthmainnah
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

LKS selayaknya berisi serangkaian instruksi kegiatan (percobaan) yang dapat dilakukan oleh siswa baik secara individu maupun secara berkelompok. Tujuannya agar siswa dapat mempraktekkan dan membuktikan secara langsung prinsip-prinsip atau hukum-hukum dalam sains, dengan demikian siswa dapat menemukan sendiri pemahamannya.Namun, pada kenyataannya dalam buku LKS yang dikeluarkan oleh penerbit sedikit sekali memuat rangkaian kegiatan kerja siswa (percobaan), lebih banyak soal-soal baik dalam bentuk pilihan ganda, esai, maupun menjodohkan. Hal ini tentu saja telah menggeser fungsi LKS yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat ketepatan instruksi kegiatan dalam LKS Sains kelas 1 – 6  SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase tingkat ketepatan instruksi kegiatan yang terdapat pada 18 LKS yang dianalisis adalah: aspek kejelasan arahan kerja sebesar 58,1%, aspek sistematika prosedur kerja sebesar 75,4%, aspek ketepatan alat dan bahan sebesar 87,8%, aspek alokasi waktu kegiatan sebesar 74,2%, aspek tingkat keamanan kegiatan sebesar 85,1%, aspek kesesuaian kegiatan dengan SK dan KD sebesar 98%, dan aspek kemungkinan pelaksanaan kegiatan sebesar 67%. Direkomendasikan agar penulis kegiatan praktikum dalam LKS Sains dapat memperhatikan ketepatan instruksinya. Kata kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Kegiatan praktikum, Pelajaran Sains
HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANDRAH KECAMATAN PANDRAH KABUPATEN BIREUEN ., Nurmawati; Maryam, Siti; Muamar, M. Rezeki
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gizi menjadi penting bagi anak sekolah karena selain dapat meningkatkan kecerdasan anak juga menungjang pertumbuhan secara fisik dan mental, guna mendukung keadaan tersebut anak sekolah memerlukan kondisi tubuh yang optimal dan bugar sehingga memerlukan status gizi yang baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Status gizi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pandrah Kabupaten Bireuen, penelitian ini telah dilakukan pada bulan maret. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan melakukan pendekatan Cross Sectional Study. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi-square dengan program SPSS 20, untuk mengukur status gizi siswa peneliti menggunakan indeks BB/TB. Dari hasil perhitungan terlihat status gizi siswa kelas VI SD tergolong baik, dan prestasi belajar dengan kualitas baik berdasakan ketentuan minimal yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan rumus Chi-squer diperoleh nilai probabilitas (p) lebih tinggi dari pada nilai α  hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan antara status gizi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pandrah Kabupaten Bireuen. Kata kunci : Status, Gizi, Prestasi, Belajar
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR, MOTIVASI DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN ., Tutiliana; Sabri, Mustafa; ., Khairil
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Judul penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran STAD dengan konvensional terhadap hasil belajar, motivasi dan sikap ilmiah siswa pada konsep sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 2 Kutablang Kabupaten Bireuen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar, motivasi, dan sikap ilmiah siswa dalam materi sistem reproduksi manusia yang dibelajarkan dengan pembelajaran STAD dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah metode eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kutablang Kabupaten Bireuen, berjumlah 60 siswa yang berasal dari 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara random sampling  terdiri dari kelas eksperimen (dengan pembelajaran STAD) dan kelas kontrol (dengan pembelajaran konvensional). Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, angket motivasi, dan angket skala sikap ilmiah siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung  hasil belajar = 0,269, thitung  motivasi = 3,268, dan thitung  sikap ilmiah = 0,479. Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh ttabel  = 2,00. Karena harga thitung >  ttabel maka Ha diterima dan harga thitung <  ttabel maka Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran STAD tidak selalu memberikan nilai yang lebih tinggi terhadap hasil belajar, motivasi, dan sikap ilmiah siswa dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem reproduksi manusia di SMA Negeri 2 Kutablang Kabupaten Bireuen. Sebagai upaya untuk mengetahui hasil belajar, motivasi, dan sikap ilmiah siswa secara optimal, maka diharapkan khususnya bagi guru biologi untuk dapat menerapkan pembelajaran STAD yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran STAD, Hasil Belajar, Motivasi, Sikap Ilmiah, Sistem Reproduksi Manusia
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA PERKULIAHAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Palestina, Siti Maryam Fadhilah; ., Samingan; Apriana, Evi
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study were aimed to know : different concept understanding students who taught using Giving Question and Getting Answer  with students who taught using conventional learning The sample in this study were two classes is determined by cluster random sampling, consist of an exsperimental class(Giving Question and Getting Answer)  and the control class (conventional). The technique of analyzing data was conducted through t test. The conclusion of the research is a significant different concept understanding students who taught using Giving Question and Getting Answer  with students who taught using conventional learning.  Key words:    concept understanding, Giving Question and Getting Answer
KEADAAN PUASA TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH TIKUS Rattus Norvegicus unitly, Adrien jems Akiles
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kekurangan insulin pada jaringan yang membutuhkannya (jaringan Adipose, otot rangka, otot jantung, otot polos) dapat mengakibatkan sel kekurangan glukosa sehingga sel memperoleh energi dari asam lemak bebas clan menghasilkan metabolik keton (ketosis). Pada jaringan tidak membutuhkan insulin (hati, saraf, otak, ginjal, mata dan saluran pencernaan), kondisi hiperglikemia ini menyebabkan sel menerima glukosa terlalu banyak dan dapat menyebabkan Diabetes Melitus dan berbagai komplikasi. Tikus yang telah dipersiapkan menjadi hewan model diberi perlakuan dan diamati setelah itu diukur kadar glukosa darahnya sehingga didapatkan hasil bahwa perlakuan puasa pada tikus mempengaruhi fisiologi tubuh tikus. Hal ini di tandai dengan adanya penurunan berat badan dan terjadi perubahan kadar glukosa darah pada tikus. Perubahan kadar glukosa darah antara perlakuan awal, 18, 42, 66 dan 72 jam perlakuan (direcovery) tidak berbeda nyata, tetapi secara kasat mata secara terus menerus terjadi pada tikus puasa makan. Kata kunci : glukosa, hati, insulin.
EFEKTIFITAS MADU TERHADAP PENINGKATAN HB PADA TIKUS PUTIH ., Rista; ., Yuziani
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Madu adalah cairan kental yang dikenal secara luas oleh masyarakat dan dapat berperan sebagai obat berbagai penyakit. Khasiat madu sudah banyak diakui dibidang kedokteran karena nutrisi madu yang lengkap dan alami. Madu mengandung mineral-mineral penting seperti kalsium, fosfor, potasium, sodium, besi, magnesium dan tembaga yang apabila kekurangan zat ini dapat menyebabkan anemia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas madu terhadap peningkatan Hb pada tikus putih, yang mana pada madu tersebut diduga mengandung vitamin B, asam folat, protein, zat besi dan tembaga. Metode penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan tikus putih (Rattus novergicus) yang diberikan madu selama tujuh hari. Madu diberikan sebanyak 3 dosis yaitu dosis pertama 0,25 ml, 0,5 ml dan 0,75 ml pada setiap kelompok tikus putih. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan uji ANOVA dimana diperoleh nilai p 0,568 (p > 0,05). Hasil menunjukan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pemberian madu dengan peningkatan Hb pada tikus-tikus tersebut. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa madu tidak efektif terhadap peningkatan Hb pada tikus putih.Kata kunci : anemia, Hb, madu, tikus putih
KEBERADAAN BURUNG DAN PENGGUNAAN HABITAT DI KAWASAN PANTAI KECAMATAN SYIAH KUALAKOTA BANDA ACEH ., Abdullah
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian keberadaan burung dan penggunaan habitat di Kawasan Pantai Gampong Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh, telah dilakukan pada bulan November 2012. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jumlah spesies burung yang hadir, (2) sumber daya yang digunakan dan, (3) waktu kunjungan tertinggi dari spesies burung. Metode yang digunakan adalah metode jelajah, analisis data untuk jumlah kehadiran burung menggunakan frekuensi kehadiran dan untuk tingkat penggunaan habitat digunakan persamaan tingkat penggunaan habitat. Hasil penelitian pada pengamatan I ditemukan 9 spesies, pada pengamatan II 8 spesies dan pada pengamatan III 8 spesies. Sumber daya yang digunakan terdiri dari fauna seperti kepiting capit satu dan flora seperti tumbuhan biduri dan pohon cemara. Waktu kunjungan meliputi pagi hari dan sore hari. Kesimpulan diperoleh adalah jumlah spesies burung yang mengunjungi Kawasan Pantai Gampong Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh adalah 15 spesies, sumber daya yang mendukung kehadiran burung adalah tersedianya makanan, tempat istirahat, tempat tidur, dan tempat berbiak. Sebagian besar waktu digunakan untuk mencari makanan. Kata kunci: kehadiran burung, penggunaan habitat, waktu kunjungan

Page 1 of 30 | Total Record : 295


Filter by Year

2012 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI DAN SAINS BIOLOGI Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi More Issue