Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 9, No 1 (2019): PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

EVALUASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PEMBELAJARAN PPKN DI SMAN 1 SUNGAI PANDAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Hidayati Hidayati (Universitas Lambung Mangkurat)
Fatimah Fatimah (Universitas Lambung Mangkurat)
Heru Puji Winarso (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
26 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang evaluasi penilaian autentik yang menunjukkan kemampuan murid dalam menyelesaikan tugas dan menganalisis kinerja guru. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Sumber data dengan purposive sampling dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat dan dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian belum sesuai dengan prosedur pelaksanaan dalam kurikulum 2013 dan teknik penilaian evaluasinya tidak dilaksanakan secara mendalam dan rutin. Guru PPKn mengalami kesulitan dengan keterbatasannya waktu, terlalu banyak perangkat pembelajaran, kurangnya motivasi siswa, banyaknya jenis penilaian, faktor pendukung motivasi antar guru yang lain, sarana dan prasarana dan buku guru sebagai acuan. Tiga tahun berjalan belum bisa dikatakan maksimal pembelajarannya. Saran peneliti perlu bimbingan dari pengawas teknis  dan mengoptimalisasi penilaian autentik.Kata Kunci :  Evaluasi Penilaian Autentik, Penilaian Autentik, Kurikukulum 2013.

Copyrights © 2019