Penelitian ini berjudul “Tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran ekonomi pada SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran ekonomi pada SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 215 siswa yang dipilih dengan cara undian sebagai sampel dan Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian perpustakan (library research) dan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan mengunakan presentase (%) dan rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukan pada indikator-indikator dari tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran yaitu kegiatan awal pembelajaran memiliki skor rata-rata per item 4,21, dan kegiatan inti pembelajaran memiliki skor rata-rata per item 4,15 sudah berjalan sebagaimana yang diharapkan. Tetapi pada kegiatan penutup pembelajaran memiliki skor rata-rata per item 3,97 masih terdapat hal-hal yang masih kurang sesuai yang diharapkan. Dapat disimpulkan bahwa dari keseluruhan indikator yang menyangkut dengan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran ekonomi pada SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar memiliki skor rata-rata per item 4,07 sudah sesuai dengan yang diharapkan.
Copyrights © 2020