Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2019): Mei 2019

Manajemen Kelas dan Keterlibatan Siswa pada Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL)

Febri Iswoni Pratama (Universitas Syiah Kuala)
Cut Morina Zubainur (Universitas Syiah Kuala)
Cut Khairunnisak (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Manajemen kelas dan keterlibatan siswa merupakan hal pembelajaran yang menentukan efektivitas. Namun aspek-aspek tersebut masih jarang mendapatkan perhatian dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat manajemen kelas dan keterlibatan siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Manajemen kelas dilihat dari cara guru mengatur kelas, membangun suasana kelas sehingga siswa nyaman dan senang dalam belajar. Sedangkan keterlibatan siswa dilihat dari cara siswa menanggapi pertanyaan guru, bekerja dalam kelompok serta keikutsertaannya dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dari penelitian ini siswa kelas  SMPN 10 Banda Aceh dengan jumlah 30 orang. Selain itu penelitian ini juga melibatkan seorang guru model yang mengajar topik Bentuk Aljabar dengan menerapkan model problem based learning. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui lembar observasi dan lembar refleksi guru model. Data yang telah didapat dianalisis dengan cara menganalisis lembar observasi dan lembar refleksi guru model. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kelas dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan model PBL dapat dikatakan efektif. Manajemen kelas dilihat dari cara guru mengatus dan mengontrol kelas. Keterlibatan siswa dilihat dari cara siswa bekerjasama dalam kelompok. Implikasi penelitian ini perlu diperhatikan manajemen kelas dan keterlibatan siswa sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan baik. Kata Kunci:     Manajemen kelas, keterlibatan siswa, Borich, Problem Based Learning.

Copyrights © 2019