Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
Vol 4, No 3 (2019): Juli 2019

Penerapan Model Pembelajaran POGIL Pada Sub Materi Kadar Zat dan Pereaksi Pembatas di Kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada

Ayu Maulira (Universitas Syiah Kuala)
Muhammad Hasan (Universitas Syiah Kuala)
Muhammad Nasir (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran POGIL pada Sub Materi Kadar Zat dan Pereaksi Pembatas di Kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas, ketuntasan hasil belajar, dan mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran POGIL pada sub materi kadar zat dan pereaksi pembatas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 di SMAN 1 Peukan Bada sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar soal tes, dan lembar angket tanggapan peserta didik. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama sebesar 78,57% dan pada pertemuan kedua sebesar 88,69% sehingga termasuk dalam kategori baik. Persentase rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal sebesar 78,13% dengan kategori baik. Penerapan model pembelajaran POGIL memperoleh tanggapan positif dari peserta didik sebesar 80,17% dengan kategori baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran POGIL pada sub materi kadar zat dan pereaksi pembatas dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar peserta didik, dan tanggapan baik diberikan oleh peserta didik terhadap penerapan model POGIL. 

Copyrights © 2019