Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Vol 5, No 2 (2020): MEI

PEMBUATAN DAN DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP MIE DENGAN PENAMBAHAN ÔN SAWI LAÔT (Arabidopsis thalliana)

Noera Nadia (Unknown)
Nurul Faudiah (Unknown)
Laili Suhairi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2020

Abstract

 Ôn sawi laôt     atau dalam bahasa latin disebut arabidopsis thalliana merupakan suatu jenis tumbuhan dari spesies selada yang tumbuh dipinggiran laut atau di pesisir pantai.   Tujuan   penelitian   ini   adalah   untuk   memperoleh   standarisasi   resesp, mengetahui karakteristik organoleptik dan daya terima konsumen terhadap mie ôn sawi laôt. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di laboratorium Tata Boga Prodi PKK FKIP Unsyiah. Data uji penerimaan analisis of variance (anova) satu jalur dari konsumen. Kemudian dianalisis dengan menggunalan LSD pada taraf 0,05. Hasil uji daya terima pada aspek warna menunjukkan terdapat pengaruh penambahan  ôn sawi laôt pada pembuatan mie. Artinya jumlah persentase penambahan ôn sawi laôt pada pembuatan mie sebesar 40%, dan 80% menjadikan perbedaan warna pada mie. Hasil uji daya terima pada aspek rasa menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh penambahan daun ôn sawi laôt dengan persentase 40%, dan 80% sementara untuk hasil uji daya terima pada aspek aroma menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh penambahan ôn sawi laôt pada mie dengan persentase sebanyak 40%, dan 80% karena dalam  prosesnya sebelum dihaluskan, ôn sawi laôt yang telah dicuci bersih selanjutnya dihaluskan untuk mengurangi aroma langu dan memperoleh warna yang terdapat di ôn sawi laôt. Pada uji daya terima aspek tekstur menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh penambahan ôn sawi laôt dengan persentase 40%, dan 80% hal ini dikarenakan penambahan melebihi 40% dapat menghasilkan tekstur mie yang tidak mekar dengan sempurna. Dengan nilai mean tertinggi yang diperoleh maka formula ôn sawi laôt  sebesar 40% merupakan formula yang direkomendasikan  untuk digunakan karena yang  paling disukai.Kata Kunci : Pembuatan  mie ôn sawi laôt, dan daya terima konsumen

Copyrights © 2020