InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)
Vol 5, No 1 (2020): InfoTekJar September

Perancangan Aplikasi Mobile untuk Pembelajaran Matakuliah Sistem Digital (Sisdig Corner’s)

Estu Sinduningrum (Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka)
Rosalina Rosalina (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jl. Tanah Merdeka no.6 Kp.Rambutan, Pasar Rebo, Jakarta Timur)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2020

Abstract

Sistem digital merupakan salah satu matakuliah dasar yang wajib diketahui oleh mahasiswa teknik, seperti konversi sistem bilangan, biner, oktal, desimal, heksadesimal. Konversi sistem kode, BCD, Excess, Gray. Penyederhanaan rangkaian kombinasi dengan menggunakan metode karnaugh map. Kuesioner awal kebutuhan sistem sebagai pengukur tingkat kebutuhan, 53.7% siswa setuju, dan 31.7% sangat setuju bahwa pendistribusian materi kuliah (ppt) yang diberikan oleh dosen tidak terdistribusi langsung dan cepat. Oleh karena itu 68.3% siswa menyatakan sangat setuju, dan 31.7% siswa setuju perlu dibuat aplikasi berbasis android yang bisa mempermudah siswa dalam pendistribusian materi perkuliahan secara cepat. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah metodologi SDLC dengan tipe Waterfall. Empat tahapan utama, yaitu analisis, desain, pengodean, dan pengujian. Satu tahapan tambahan yang mendukung, yaitu: implementasi menggunakan Android Studio hingga menghasilkan aplikasi mobile sisdig corner’s. Sisdig corner’s telah diujikan terhadap siswa, menggunakan skala likert didapatkan hasil 88.333%, artinya siswa merasa terbantu dengan dibuatkannya aplikasi ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

infotekjar

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi teknik informatika Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), jurnal ini membahas ilmu dibidang Informatika dan Teknologi jaringan, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan ilmu ...