Satya Widya
Vol 36 No 2 (2020)

PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK PADA MATERI KARBOHIDRAT

Yusi Ardiyanti (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Marsah Rahmawati Utami (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dewi Ratnasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan problem-based learning pada peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMK pada materi karbohidrat. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi ekperimen, dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen yang melibatkan dua kelompok. kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan Problem-Based Learning dan kelas kontrol yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest, posttest dan angket, innstrumen pretest posttest berupa 20 soal pilihan ganda (untuk menguji kemampuan penguasaan konsep) dan 4 soal essay(untuk menguji keterampilan berpikir kreatif). Sebelum melakukan pengujian hipotesis maka data penelitian harus memenuhi uji prasyarat yang meliputi uji normalitas (uji Shapiro-Wilk), uji homogenitas varians (Lavene test), uji kesamaaan kemampuan awal siswa (uji t), uji hipotesis penelitian pada posttest dan N-gain dilakukan uji t (parametric) atau Mann Whetney (non parametric). Berdasarkan analisis data diperoleh N-Gain keterampilan berpikir kreatif siswa kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan PBL lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 0,42 (kategori sedang untuk kelas eksperimen). Namun N-Gain kemampuan penguasaan konsep siswa kelas kontrol lebih tinggi dibandingkan kelas ekperimen yaitu sebesar 0,39 (kategori sedang untuk kelas kontrol)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

satyawidya

Publisher

Subject

Education

Description

SATYA WIDYA is presenting diverse, yet still within major themes in education. Especially the study of theoretical education and results of descriptive research, classroom action research, experimental and development research, in the purpose of sustainable professionalism ...