Jurnal INSYPRO (Information System and Processing)
Vol 5 No 2 (2020)

Implementasi Sistem Informasi Pengelolaan Data Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus: Perpustakaan Daerah Kabupaten Sinjai)

Asrul Azhari Muin (Sistem Informasi Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Alauddin)
Fitriani Fitriani (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan, tercetak dan terekam, mengolahnya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunaya melalui beragam cara interaksi pengetahuan. Dalam proses pengelolaan data perpustakaan ini masih mengalami kesulitan dalam proses peminjaman dan pengembalian buku, data anggota perpustakaan serta daftar nama-nama pengunjung yang masih dalam bentuk dokumen atau secara tertulis. Hal inilah yang membuat peneliti ingin membuat suatu sistem yang bertujuan untuk memudahkan pengelola dan pengunjung untuk menerima informasi dari pengelolaan data perpustakaan Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengambilan data secara kualitatif. Sedangkan untuk pegumpulan data  yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi literarur. Perancangan dan pengembangan sistem informasi pengelolaan data perpustakaan ini menggunakan metode waterfall yang mempunyai beberapa proses yaitu proses analisis, perancangan, implementasi dan pengujian sistem.  Sistem ini menggunakan metode pengujian  Blackbox. Dari Peneltian ini menghasilkan perancangan aplikasi Sistem Informasi Analisis Pengelolaan Data Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus: Perpustakaan Daerah Kabupaten Sinjai) Dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan dalam petugas dalam pengelolaan data perpustakan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

insypro

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Insypro adalah jurnal yang bergerak di bidang Sistem Informasi, hadir untuk diharapkan mampu mengembangkan riset pada bidang sistem informasi di Indonesia dan dunia internasional secara ...