Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 20, No 3 (2020)

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah

Chusnal Ainy (Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya))
Umi Arifah (SMP Muhammadiyah 10 Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa di dalam proses pembelajaran serta belum tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian iniĀ  bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah. Hasil penelitian diperoleh 1) terdapat peningkatan aktifitas belajarĀ  siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu yang aktif meningkat 16,67 %, yang cukup aktif meningkat 8,33 %. Sedangkan yang kurang aktif menurun dari 29,17 % tinggal 4,17%. Atau menurun 25 %. Ini berarti yang kurang aktif menjadi cukup aktif atau aktif. 2) Hasil belajar siswa, menunjukkan nilai awal yang tuntas hanya 66,67 %, pada siklus I meningkat menjadi 87,5 %dan pada siklus II meningkat menjadi 95,83 %. Artinya hasil belajar siswa meningkat setelah melalui pembelajaran berdasarkan masalah. Aktifitas guru sudah menunjukkan aktifitas yang sangat baik dan respon siswa terhadap pembelajaran berdasarkan masalah sangat setuju.

Copyrights © 2020