Jurnal Analisa
Vol 6, No 2 (2020): Volume 6 Nomor 2 Tahun 2020

Penerapan pendekatan metakognitif terhadap self-efficacy siswa SMP ditinjau dari kemampuan awal siswa

Asep Ikin Sugandi (IKIP Siliwangi)
Siti Chotimah (IKIP SILIWANGI)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas pendekatan metakognitif dalam meningkatkan self-efficacy siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa disalah satu SMP di Kota Cimahi, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas dari dari SMP terpilih.  Instrumen dalam penelitian ini berupa non tes berbentuk skala Likert. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan kesimpulan bahwa self-efficacy siswa yang belajar dengan pendekatan metakognitif lebih baik daripada dengan pendekatan saintifik dan tidak terdapat interaksi antara pendekatan dengan tingkat kemampuan awal siswa terhadap self-efficacy.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

analisa

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Analysa Is a Journal published by Department Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Starting Year 2013. Emphasizing On Aspects Related to Mathematics Learning Include: Curriculum, Strategy / Method, Learning Media, Evaluation, ...