Sebelum menulis kode pemrograman secara langsung dengan bahasa pemrograman, langkah-langkah pembuatan program dapat dituliskan terlebih dahulu dengan bentuk yang lebih sederhana dengan pseudocode. Mempelajari pseudocode adalah bagian penting saat ingin merancang langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat sebuah pemograman. Namun mempelajari pseudocode masih banyak dilewati oleh mahasiswa informatika karena sulit untuk dipahami, pada akhirnya mahasiswa akan kesulitan dalam memecahkan masalah pada pembuatan bahasa pemograman. Penelitian ini bertujuan membantu mahasiswa untuk belajar memahami pseudocode dengan cara yang lebih menarik. sehingga akan membantu mahasiswa dalam menguasai pseudocode guna merancang langkah yang diperlukan untuk membuat program. Aplikasi game pembelajaran pseudocode ini akan dirancang menggunakan bahasa pemograman java berbasis desktop yaitu menggunakan java NetBeans 8. Aplikasi game ini memiliki empat tingkatan level, yaitu input/output (level 1), seleksi kondisi (level 2) , perulangan (level 3), dan array (level 4). Dalam aplikasi ini proses pemilihan tingkatan soal menggunakan algoritma Depth First Search (DFS) dan pengacakan soal menggunakan method random pada java. Pada saat menjalankan aplikasi pembelajaran pseudocode dasar ini, pengguna diharuskan menginput sambungan coding dari pseudocode yang disediakan dengan cara menginputkan jawaban pada textfield yang tersedia. Proses ini yang digunakan untuk melatih pemahaman pengguna akan materi yang tersedia dalam aplikasi ini. Berdasarkan hasil pengujian game pembelajaran pseudocode dasar, mampu meningkatkan minat mahasiswa informatika dalam mempelajari dan memahami pseudocode. Dan pada saat mereka menulis dalam bahasa pemrograman yang sesungguhnya, program dapat dijalankan dengan benar.
Copyrights © 2021