Seminar Nasional Variansi (Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika)
Vol 2 (2020)

EKSPLORASI LITERASI STATISTIKA DESKRIPTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI STATISTIKA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR DALAM SUASANA PEMBELAJARAN DARING AKIBAT DARURAT COVID-19

Tiro, Muhammad Arif (Unknown)
Ruliana, Ruliana (Unknown)
Aswi, Aswi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2021

Abstract

Sejak Maret 2020, pembelajaran di Universitas Negeri Makassar dilaksanakan secara daring (online) akibat pandemi COVID-19. Situasi ini tentu mempengaruhi kegiatan pembelajaran di kampus. Penelitian eksploratif ini bertujuan untuk mengeksplorasi pencapaian peubah literasi statistika deskriptif bagi mahasiswa Program Studi Statistika Universitas Negeri Makassar di masa pandemi menurut lima kompetensi dasar literasi statistika. Peneliti mengadaptasi model pengembangan instrument 4-D menjadi model 4-P dalam pengembangkan instrumen penilaian literasi statistika deskriptif. Selanjutnya, instrumen penilaian yang diperoleh diterapkan untuk memetakan mutu literasi statistika deskriptif mahasiswa. Kelima kompetensi dasar literasi statistika tersebut adalah: (1) pemahaman konsep statistika deskriptif, (2) keterampilan menghitung nilai statistika deskriptif, (3) wawasan aplikasi statistika deskriptif, (4) kecermatan interpretasi nilai statistika deskriptif, dan (5) keterampilan visualisasi dan komunikasi informasi statistika deskriptif. Kompetensi yang mencapai tingkat capaian tertinggi adalah keterampilan visualisasi (60%) sedangkan kecermatan interpretasi merupakan capaian terendah (32%). Secara umum, capaian dalam hal literasi statistika deskriptif mahasiswa Program Studi Statistika UNM dalam suasana pembelajaran daring akibat darurat Covid-19 tergolong sedang. Materi statistika deskriptif yang diajarkan dan sistem penilaian di perguruan tinggi perlu menekankan pada lima kompetensi dasar yang telah dijelaskan. Kata Kunci: literasi statistika deskriptif, kompetensi literasi statistika deskriptif

Copyrights © 2020