Seminar Nasional Variansi (Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika)
Vol 2 (2020)

Peramalan Pemasaran Sarung Sutera Mandar Menggunakan Rantai Markov

Basri, Hasan (Unknown)
Sanusi, Wahidah (Unknown)
Wahyuni, Maya Sari (Unknown)
Zaki, Ahmad (Unknown)
Sulaiman, Sulaiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2021

Abstract

Sarung Sutera Mandar adalah jenis kain tradisional di Indonesia yang dihasilkan oleh masyarakat asli Suku Mandar di Sulawesi Barat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan orde rantai Markov yang digunakan dalam memprediksi penjualan sarung sutera Mandar ; (2) membentuk model rantai Markov masing-masing corak dalam meramalkan pemasaran sarung sutera Mandar ; dan (3) mengetahui hasil prediksi penjualan sarung sutera Mandar masing-masing corak menggunakan rantai Markov. Penelitian ini dimulai dari (1) pengumpulan data jumlah penjualan (lembar/bulan), (2) pengelompokkan data jumlah penjualan (lembar/bulan) masing-masing corak, (3) menentukan state, (4) menentukan orde rantai Markov, (5) menentukan peluang steady state, (6) melakukan perhitungan dengan menggunakan Visual Basic 6.0. Sumber data diambil di Toko Sarung Sutera Mandar di Polewali Mandar. Dalam pengujian orde diperoleh bahwa corak Bandera, Beru-Beru, Maraqdia, Padzadza, Penja dan Puang Limboro menggunakan orde 0, sedangkan corak Manara menggunakan orde 1 dan corak Bunga Rate menggunakan orde 2. Untuk penentuan steady state diperoleh bahwa corak Bunga Rate mengalami steady state pada periode ke-6, corak Bandera pada periode ke-7, corak Puang Limboro dan Corak Maradia pada periode ke8, corak Beru-Beru pada periode ke-11, corak Padzadza pada periode ke-12, corak Penja pada periode ke-14, dan corak Manara pada periode ke-22. Kata Kunci: rantai Markov, steady state.

Copyrights © 2020