Pi: Mathematics Education Journal
Vol. 4 No. 1 (2021): April

MODEL INOVASI PEMBELAJARAN MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (MBK) BERBASIS VIDEO BERSUBTITLE

Faisal Estu Yulianto (Universitas Madura)
Bambang Kurnadi (Universitas Madura)
Hasan Basri (Universitas Madura)
Ukthi Raudhatul Jannah (Universitas Madura)
Moh Zayyadi (Universitas Madura)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran secara daring yang ramah dan cocok bagi mahasiswa sesuai dengan kebutuhan khusus. Pengembangan model berbasis video yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Desain Pembelajaran ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). desain produk ini diantaranya: (1) RPS; (2) Materi ajar; (3) Video Pembelajaran; dan (4) Evaluasi Pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dalam bentuk angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala pengukuran menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini adalah karakteristik model pembelajaran pada kegiatan ini adalah penggunaan media pembelajaran berupa video pembelajaran bersubtitle yang digunakan untuk mempermudah pemahaman konsep kalkulus pada mahasiswa normal dan mahasiswa berkebutuhan khusus. Secara umum pembelajaran yang diberikan dapat diterima dengan baik oleh semua mahasiswa, khususnya mahasiswa berkebutuhan khusus dengan gangguan pendengaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pmej

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of ...